Berita / Utama

Tim Mahasiswa ITB Raih Prestasi di Ajang Chemical Product Design Competition

Adi Permana - Selasa, 9 April 2019, 14:39:53 - Diperbaharui : Jumat, 12 - April - 2019, 16:28:21


BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung kembali menorehkan prestasi. Tim yang beranggotakan Anastasia Yuandy (13015067), Rizky Gilang Kurniawan (13015037), Athaya Hafizh Muhammad (13015060), dan Bagas Nurseno (13015053) menjadi juara ke-2 pada ajang perlombaan CPDC (Chemical Product Design Competition) yang diadakan oleh Universitas Indonesia, 21 – 23 Maret 2019 dengan tema Solving Global Issues by Creating Enhanced Products for Daily Use. Lomba ini berskala internasional yang diikuti oleh partisipan dari dalam negeri maupun mancanegara.


Anastasia bersama tim sudah mempersiapkan lomba ini secara matang dengan waktu yang cukup lama. “Kami pertama nyari masalah apa yang berhubungan dengan sustainability, karena tema tahun ini tentang itu. Setelah mencari referensi kami tertarik dengan masalah stunting di Indonesia. Jadi kami brainstorming untuk produk yang bisa menyelesaikan itu. Selanjutnya kami studi literatur dan buat prototype,” ujar Anastasia.

Berkat ide kreatif yang dibawakan untuk menyelesaikan masalah stunting tim tersebut bisa melaju ke tahap final dan menjadi juara ke-2 CPDC. Lomba tersebut memang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun, maka tidak heran jika informasi lomba ini terkenal di lingkungan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia yang setiap tahunnya mengirimkan perwakilan.

Semua anggota tim merupakan mahasiswa tingkat akhir jurusan Teknik Kimia. Dengan kegiatan yang semakin padat dan persiapan rangkaian tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana, manajemen waktu secara baik menjadi hal penting yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya perlombaan ini. Dan tim tersebut berhasil melakukan manajemen waktu yang baik dan bisa membagi fokus antara kegiatan akademik dan kegiatan perlombaan walaupun waktu tidur menjadi hal yang dikorbankan.

“Waktu diumumkan menjadi juara dua kami ga nyangka,” ujar Anastasia. Tim tersebut sangat bersyukur dengan perolehan yang mereka dapatkan meskipun juara dua, karena sejak awal mereka sudah menyadari banyak constraint yang mereka hadapi saat mengikuti perlombaan. Sementara untuk Juara I CPDC dimenangkan oleh perwakilan dari UGM.

Banyak pembelajaran yang mereka dapatkan selain menambah pengalaman dan wawasan mengenai keilmuan Teknik Kimia. Selain itu, hubungan keakraban antara sesama anggota tim terjalin lebih erat dan bisa mendapatkan banyak teman baru dari berbagai universitas. “Setelah lomba ini selesai, kami ingin kembali fokus untuk tingkat akhir dan berusaha menyempatkan waktu untuk pengembangan produk lebih jauh,” pungkasnya.

Reporter: Diah Rachmawati (Teknik Industri 2016)