Berita / MoU

ITB Jalin Kerjasama dengan Pemkab Batu Bara dan Rokan Hilir

Adi Permana - Selasa, 19 Maret 2019, 11:42:07 - Diperbaharui : Selasa, 19 - Maret - 2019, 12:47:25

*Bupati Pemkab Batu Bara Ir. Zahir dan Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., menandatangani nota kesepahaman bersama. (Dok. Humas ITB)

BANDUNG, itb.ac.id -- Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara menjalin nota kesepahaman bersama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kerjasama ini, pihak Pemkab Batu Bara berharap kolaborasi dengan perguruan tinggi ini dapat membantu pembangunan daerah Batu Bara.


Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan A, Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari no. 64 Bandung, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., dengan Bupati Pemkab Batu Bara Ir. Zahir menandatangani nota kesepahaman bersama tersebut, Jumat (8/3/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Batu Bara mengatakan bahwa daerah hasil pemekaran tersebut memiliki sejumlah potensi, diantaranya adalah ditetapkannya satu kawasan strategis untuk dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Untuk itu, dalam pengembangan KEK tersebut, peran dari ITB sangat diperlukan. "Dengan adanya kerjasama ini Pemerintah Batu Bara mengucapkan terima kasih kepada pak Rektor yang bisa menerima kami dalam hal pemerintahan baru. Mudah-mudahan kerjasama ini terlaksana dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Kadarsah juga mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan memilih ITB dalam melakukan kerjasama ini. Rektor menekankan, ITB siap berkolaborasi, sebab ITB bukan hanya untuk ITB, tapi untuk bangsa dan negara, termasuk Pemkab Batu Bara.

*Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. (Dok. Humas ITB)

Menanggapi rencana pengembangan KEK di Batu Bara, menurut Rektor, salah satu sektor yang bisa dikembangkan adalah pariwisata karena income yang dihasilkan cukup besar. ITB sendiri memiliki Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan. "Kami siap untuk membantu dan berkolaborasi dengan Pemerintah Batu Bara karena ITB bukan hanya untuk ITB tapi ITB untuk bangsa dan negara. Semoga apa apa yang kita kerjasamakan mendapat ridho dari Allah SWT," kata Rektor.

Secara terpisah, ITB juga menjalin nota kesehapahaman bersama dengan Pemkab Rokan Hilir, Provinsi Riau pada Rabu (13/3/2019) juga dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono menandatangani nota kesepahaman tersebut. "Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sangat berterima kasih atas kerjasama ini," ujar Wakil Bupati Rokan Hilir.

*Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono. (Dok. Humas ITB)

Sementara itu, Prof. Bambang menyampaikan, ITB sendiri banyak menjalin kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah dan provinsi di Indonesia. Salah satu sektor yang banyak dikerjasamakan ialah pariwisata. Ia menegaskan, melalui nota kesepahaman ini yang telah ditandatangani, ITB siap bekerjasama dengan Pemkab Rokan Hilir.