Berita / MoU

ITB dan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung Jalin Kerjasama Peningkatan Kualitas SDM

Adi Permana - Jumat, 15 Februari 2019, 16:46:54 - Diperbaharui : Rabu, 27 - Februari - 2019, 10:53:58

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.


Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan bersama antara Rektor ITB Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi DEA., dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M., di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) A Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari no. 64 Bandung, Jumat (15/2/2019) lalu.

Kerjasama tersebut meliputi tiga hal penting yaitu pertama peningkatan kompetensi ASN di Pemprov Kepulauan Bangka Belitung melalui program pendidikan S1, S2, dan S3 di ITB. Kedua dalam bidang penelitian dan pengembangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan ketiga kegiatan pengabdian masyarakat.

“Kami akan mengirimkan guru-guru kami untuk ditingkatkan kemampuannya, khususnya guru-guru yang membidangi mata pelajaran sains,” kata Gubernur Erzaldi Rosman membuka sambutannya usai tanda tangan MoU. Dia melanjutkan, guru-guru yang nantinya akan dikirim untuk melanjutkan studi di ITB akan menerima bimbingan terlebih dahulu selama satu tahun. 

Selain itu, Gubernur Erzaldi Rosman juga menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama dengan ITB dalam penelitian dan pengembangan industri yang memiliki output produk siap pakai dari bahan baku mineral yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Menanggapi hal tersebut, Rektor ITB Prof. Kadarsah menyampaikan bahwa ITB sangat menyambut baik kerjasama ini karena terkait dengan peningkatan kemampuan SDM dan penelitian yang akan berdampak luas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kepulauan Bangka Belitung. “Kami mendukung sepenuhnya kerjasama ini. Peningkatan kapasitas guru ini memang sangat penting karena suatu wilayah akan maju jika pendidikannya juga maju,” ucap rektor.

ITB sebagai perguruan tinggi teknik dan sains yang telah berpengalaman dalam mengembangkan SDM di Indonesia diharapkan dapat berkontribusi besar dalam upaya memajukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Ini merupakan program pengembangan yang sangat sistematik. Saya harapkan ini dapat mejadi model bagi daerah lainnya dalam pengembangan SDM melalui penelitian dan pengajaran,” tutur Prof. Kadarsah mengakhiri sambutannya.

Reporter: Karimatukhoirin