Berita / Utama

Mahasiswi ITB Raih Empat Medali Emas pada Kompetisi Indonesia Ice Skating Open 2019

Adi Permana - Selasa, 12 Februari 2019, 11:49:59 - Diperbaharui : Jumat, 15 - Februari - 2019, 18:15:13
*Vanessa Susanto (tengah) saat berada di podium (Foto: Vanessa Susanto)

BANDUNG, itb.ac.id – Vanessa Susanto, mahasiswi Arsitektur Institut Teknologi Bandung meraih prestasi dalam kompetisi Indonesia Ice Skating Open 2019 pada 31 Januari – 2 Februari 2019. Tak tanggung-tanggung, Vanessa sukses meraih empat medali emas dalam ajang berskala internasional tersebut.

Vanessa memborong medali emas pada kategori technical, solo compulsory, artistic, dan rhythmic ribbon freestyle 2 menggunakan baton. Pada ajang tersebut, Vanessa bersaing dengan Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Mahasiswi angkatan 2016 itu menekuni ice skating sejak ia menginjak masa kuliah pada tahun 2016 dengan bergabung dalam unit Glaciem Skating ITB. Ia menekuni olahraga ini sejak Oktober 2016. Lewat ice skating, telah membawanya hingga ke Bangkok, Thailand dalam kompetisi Ice Skate Asia.

Atas ketekunannya dalam berlatih, ia mulai mengikuti kompetisi pertamanya pada Januari 2017. Semenjak itu, ia ketagihan untuk mengikuti kompetisi ice skating lainnya. Hingga saat ini, ia telah mengantongi 20 medali yang terdiri atas 18 medali emas, dan 2 medali perak. "Empat medali ini jadi medali ke-17 sampai 20 aku," ucap Vanessa dengan sumringah saat ditemui di Campus Center Timur.

Perjuangan Vanessa dalam meraih gelar juara tentulah tidak mudah. Ia harus rela mengorbankan waktu istirahat dan bermainnya, apalagi dalam membagi waktu dengan kesibukan perkuliahan. Namun hal itu tidak lantas membuat dirinya patah semangat. "Dengan olahraga ini aku belajar tentang pengorbanan. Pengorbanan waktu, tenaga. Ketika temen temenku yang lain bisa main, aku harus fokus latihan," ucap Vanessa.

Pencapaian yang telah diraih Vanessa, adalah pembuktian atas mimpinya selama ini.  Untuk itu, ia menyampaikan pesan agar senantiasa bermimpi dan mempunyai cita-cita. "Kalau kalian punya mimpi, jangan pernah takut untuk mewujudkan mimpi itu. Buktikan ke mereka kalau kamu bisa dengan seluruh usaha dan pengorbananmu, buktikan bahwa kamu bisa jadi sesuatu. Tidak ada kata terlambat untuk memulai," pungkasnya.

Tak berhenti sampai di sana, ke depannya Vanessa sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba-lomba lainnya seperti Ice Skate Malaysia, Bangkok Figure Skating Classic dan Ice Skate Asia di China pada tahun ini. Ia juga berharap dapat meningkatkan levelnya dari freestyle 2 ke level freestyle 3 agar lebih banyak lagi kategori kompetisi yang bisa ia ikuti.

Reporter: Moch Akbar Selamat