Ribuan Pengunjung Padati Open House Pendidikan ITB

Oleh Adi Permana

Editor -

Pengunjung Open House Pendidikan ITB sedang mendengarkan presentasi di Aula Barat ITB. (Foto: Humas ITB)

BANDUNG, itb.ac.id -- Sebagai upaya sosialisasi program studi dan seleksi masuk perguruan tinggi kepada masyarakat, Institut Teknologi Bandung menggelar Open House Pendidikan ITB 2018 pada Sabtu dan Minggu, 15-16 Desember 2018 bertempat di Aula Barat dan Aula Timur Kampus ITB, Jalan Ganesha no 10, Kota Bandung. Acara ini terbuka untuk umum dan bebas biaya.


Peserta Open House tahun ini sangat membludak. Tercatat sekitar 15 ribu peserta mendatangi kampus ITB yang kebanyakan para pelajar SMA dan masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih dalam tentang perkuliahan di ITB. Antusiasme pengunjung terlihat dari aktifnya para peserta yang bertanya pada sesi presentasi. 
*Pengunjung sedang melakukan registrasi (Foto: Humas ITB)

Sebanyak 12 stand Fakultas/Sekolah dan puluhan stand himpunan mahasiswa turut dipamerkan. Pengunjung dapat sepuasnya bertanya tentang program kuliah jurusan di ITB, kegiatan himpunan mahasiswa, prestasi akademik maupun non-akademik, serta penelitian yang sudah dan sedang digarap. Selain itu ada presentasi dari tiap Fakultas/Sekolah yang ada di ITB.

Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, turut hadir pada acara Open House ini. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan terima kasih karena sudah datang ke acara Open House. Ia harap para peserta pelajar SMA yang datang bisa diterima menjadi mahasiswa ITB, dan semoga informasi yang didapat bermanfaat dan menginspirasi.

Pengunjung tidak hanya berasal dari Bandung, bahkan dari berbagai daerah di luar Pulau Jawa pun turut hadir. Misalnya Mufti siswa kelas XII SMAN 1 Padang yang jauh-jauh datang dari Sumatera Barat untuk mengikuti Open House Pendidikan ITB ini.

“Aku akhir-akhir ini kehilangan semangat. Saat mendengar ada Open House ITB langsung merencanakan datang kesini agar bisa (mendapatkan informasi dan) juga merasakan suasana kota dan kampusnya. Presentasi saat Open House informastif dan menginspirasi. Semoga Open House ITB selalu ada tiap tahun, sehingga yang ingin belajar di ITB nantinya mendapat gambaran bagaimana belajar di ITB,” ungkapnya.

*Beberapa pengunjung antusias bertanya di salah satu stand Open House ITB 2018 (Foto: Humas ITB)

Tidak hanya di Aula Barat dan Aula Timur, stand juga didirikan di lapangan CC Barat dan CC Timur. Di lapangan CC Barat, peserta dapat menggali informasi mengenai kehidupan perkuliahan kepada para mahasiswa di stand himpunan mahasiswa dan stand Keluarga Mahasiswa-ITB. Sementara di lapangan CC Timur atau biasa disebut lapangan Cinta, terdapat belasan stand kuliner dan souvenir khas ITB.

Selain memberikan informasi tentang cara masuk ke ITB, panitia juga memfasilitasi pengunjung dengan informasi jalur masuk ke perguruan tinggi negeri lewat SNMPTN dan SBMPTN.

Reporter: Rosa Aldita


scan for download