Berita / Profil

Dasapta Erwin: Menulis di Blog Merupakan Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat

Adi Permana - Selasa, 6 November 2018, 16:13:18 - Diperbaharui : Selasa, 6 - November - 2018, 21:22:49
BANDUNG, itb.ac.id -- Bagi Dr. Dasapta Erwin Iriawan ST. MT., menulis di blog bukan hal yang main-main. Meski tidak dijadwal dalam agenda kesehariannya, pria kelahiran Surabaya ini selalu memanfaatkan setiap waktu luangnya untuk menulis blog. Baik ketika sedang menunggu di jadwal keberangkatan pesawat sampai menjemput buah hatinya pulang sekolah. Topik yang diangkat pun beragam.

*Foto: Twitter @dasaptaerwin

Menurutnya, aktivitas menulis blog bukanlah aktivitas yang terpisah dari kesehariannya. Semua hal bisa dijadikan topik dalam menulis blog. Baik ketika bimbingan dengan mahasiswanya, mata kuliah yang sedang beliau ajar, seminar yang dikuti, bahkan pembicaraan di media sosial pun dapat menjadi topik dalam menulis blog. 

Baginya menulis blog bukan sekedar menuangkan informasi yang diketahui dalam sepatah dua patah kata di dunia maya, akan tetapi menulis blog merupakan salah satu pengabdian masyarakat termudah yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Ketertarikan Erwin menulis blog untuk membahasakan informasi ilmiah dengan bahasa yang lebih dikenal masyarakat pun tidak muncul tanpa alasan. 

Semuanya bermula ketika dosen Geologi spesialis kualitas air ini bergabung di komunitas intelektual baik dalam maupun luar negeri yang juga turut aktif menulis blog. Bahkan saat itu tidak sedikit dosen senior sampai profesor yang aktif membahasakan jurnal ilmiahnya menjadi bahasa yang lebih mudah dicerna oleh masyarakat umum. Hal ini yang memacu Erwin untuk senantiasa belajar dalam menekuni hobi barunya saat itu. "Jangan sampai ada informasi scientific yang perlu diketahui masyarakat luas namun tidak disampaikan" katanya.

Erwin, panggilan akrabnya, juga selalu menularkan hobi menulisnya itu kepada mahasiswanya, terutama mahasiswa S1,  atau kepada mahasiswa bimbingannya untuk turut aktif menulis blog. Melalui tagar #shareyournote, dosen Geologi FITB ini mengajak semua mahasiswa untuk setidaknya membagikan catatan kuliahnya di platform Twitter. 

Menulis di blog memang bukanlah hal yang baru di tengah-tengah kemajuan teknologi masa kini. Di era digital, tidak sedikit yang menyediakan platform untuk menulis blog. Meski menulis blog kini tidak terlalu familiar di telinga generasi Z, menurutnya tulisan sepanjang apa pun akan tetap memiliki pengikut selama tulisan tersebut menarik. Baik dari cara kepenulisannya maupun topik yang diangkat. Ditambah lagi jika memang topik yang diangkat adalah topik yang aktual dan faktual. 

Selain menulis blog, Erwin aktif mengajar, penelitian, dan melakukan pengabdian masyarakat seperti dosen pada umumnya. Terhitung sejak tahun 2007 setidaknya kini Erwin memiliki empat blog dengan topik yang berbeda-beda, seperti tulisan umum, dunia publikasi, sains terbuka, dan topik mengenai keahliannya yaitu hidrogeologi. 

Penulis: Salma Zahra