Berita / Utama

Lomba Kebersihan, ITB Berikan Piala Rektor Kepada Himpunan Mahasiswa Metalurgi

Adi Permana - Selasa, 30 Oktober 2018, 14:46:11 - Diperbaharui : Kamis, 1 - November - 2018, 16:40:54

BANDUNG, itb.ac.id -- Direktorat Sarana dan Prasarana Institut Teknologi Bandung memberikan penghargaan kepada himpunan dan unit kegiatan mahasiswa yang dinilai telah memenuhi komitmen dalam menjaga dan memelihara kebersihan melalui Lomba Kebersihan Organisasi Kemahasiswaan ITB 2018. Penghargaan diberikan saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 di Halaman Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari no 64 Bandung, Senin (29/10/2018) pagi.

Juara pertama Lomba Kebersihan tersebut jatuh kepada Himpunan Mahasiswa Metalurgi, Juara Kedua diberikan kepada Himpunan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Juara Ketiga ialah Marching Band Waditra Ganesha (MBWG). Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Bermawi P. Iskandar. Khusus untuk juara pertama diberikan Piala Rektor sebagai bentuk apresiasi tertinggi.


"Tujuan dari lomba kebersihan itu supaya ada awareness dari mahasiswwa mengenai kebersihan kampus sekailgus mengajak mereka, bersama-sama berkontrbusi untuk kebersihan dan lingkungan," kata Wakil Direktur Bidang Perawatan Operasional, Direktorat Sarana dan Prasarana ITB, Dr. Taufiq Mulyanto, ST.

Taufiq menyampaikan, lomba kebersihan tersebut tercatat baru pertama kali dilakukan. Kedepannya, Direktorat Sarana dan Prasarana berencana akan menggelar kegiatan serupa setiap tahun sebagai bentuk ajakan kepada mahasiswa untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Adapun penilaian lomba tersebut terbagi kedalam empat kategori, pertama yakni dilihat dari partisipasi organisasi kemahasiswaan, kedua mengenai aturan dan SOP (Standar Operating Procedure) tentang kebersihan, ketiga ketersediaan peralatan kebersihan dan keempat implementasinya. Penilaian tersebut dilakukan oleh Direktorat Sarana dan Prasarana, Lembaga Kemahasiswaan dan Unit K3L.

‘Penghargaan’ juga diberikan terhadap organisasi kemahasiswaan dalam kategori kurang baik dalam kebersihan lingkungan. Ini merupakan bentuk dukungan bagi organisasi kemahasiswaan tersebut agar lebih memperhatikan lingkungan tempat mereka berorganisasi. ‘Penghargaan’ ini diberikan kepada Unit Bola Voli, Unit Flag Football, Judo, Nautika, Karate, Unit Bulu Tangkis, Unit Persuadaraan Setia Hati Terate, dan Unit Aktivitas Bridge.



"Terhadap yang juara diharapkan mereka bisa menjaga prestasi tersebut, bahkan bisa meningkatkan dan bisa mengajak yang lainnya. Kita tidak hanya yang juara yang dipilih tapi kurang bersih juga. Bukan bermaksud menjelekkan, supaya ada peningkatan dalam kebersihan," pungkas Taufiq.