Guru Besar Seismologi ITB Raih Lifetime Achievement Award dari HAGI

Oleh Fivien Nur Savitri, ST, MT

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id -- Prof. Dr. A. Nanang T. Puspito, M.Sc., Guru Besar Seismologi dari Kelompok Keahlian Geofisika Global, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB, mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award dari Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 2018. Penghargaan tersebut diberikan kepada Prof. Nanang dalam pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) HAGI 2018 yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 24 - 27 September.

HAGI merupakan organisasi profesi ilmu kebumian bidang geofisika yang telah berdiri sejak tahun 1976 dan tercatat memiliki anggota aktif lebih dari 4000 orang dengan 24 Komisariat Wilayah yang tersebar di Indonesia, Australia, Amerika, Eropa dan Malaysia. Setiap tahunnya HAGI memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada individu ataupun institusi yang dinilai memiliki kontribusi yang luar biasa bagi perkembangan ilmu geofisika.

Lifetime Achievement Award merupakan penghargaan tertinggi HAGI untuk individu yang berhasil memberikan inspirasi atas konsistensi, komitmen, perhatian, karya dan kontribusi bagi ilmu dan teknologi geofisika di Indonesia. Profesor Nanang sendiri dikenal sebagai aktivis HAGI. Ia bersama sejumlah anggota kelompok keahlian Geofisika Global ITB menerbitkan buku berjudul Geofisika Global 2017 dan diperbarui edisinya di tahun 2018. Buku tersebut berisi kumpulan perkembangan keilmuan Geofisika. 

Sedikit dari Guru Besar bidang ilmu geofisika kekhususan Bidang Seismologi di Indonesia yang karya penelitiannya telah menjadi acuan penting bagi peran seismologi pada riset dan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami di Indonesia dan dunia. Saat menerima penghargaan, ia mengaku kaget atas apresiasi tinggi yang diberikan kepadanya. “Kaget mbak. Sebelumnya tidak ada informasi sedikitpun. Malah saya hampir tidak hadir di acara PIT HAGI kemarin itu,” ujarnya kepada humas ITB. Namun demikian ia mengaku senang dan menilai bahwa penghargaan ini bukan hanya untuk dirinya pribadi, tetapi juga untuk ITB.

Selain Prof. Nanang, HAGI juga memberikan penghargaan kepada Dr. rer. nat. Ade Anggraini, MT., pengajar dan peneliti Geofisika Universitas Gajah Mada atas kontribusinya untuk pendidikan Geofisika Indonesia. Kemudian kepada Dr. Daryono, SSi, MSi., selaku Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini BMKG atas kontribusinya untuk Ilmu Kebumian Geofisika.

Penghargaan lainnya juga diberikan untuk Randy Condronegoro, MT, Sr., Property Analyst Supt PetroChina International atas kontribusi untuk Bidang Geofisika Dekat Permukaan, dan Helmi Indrajaya, MSc., Appraisal Geoscientist Pertamina EP atas kontribusi untuk organisasi HAGI.


scan for download