Berita / Utama

Kreatif Boom 2018: Saatnya Generasi Muda Berkreasi!

Vera Citra Utami - Senin, 10 September 2018, 17:18:11 - Diperbaharui : Selasa, 11 - September - 2018, 02:35:42

?

BANDUNG, itb.ac.id -- Institut Teknologi Bandung bekerja sama dengan Martha Tilaar Group mengadakan seminar bertajuk ‘KreatifBoom 2018’ yang dilaksanakan pada Kamis, 30 Agustus 2018 mulai pukul 09.00 WIB di Aula Barat ITB. Acara tersebut, seperti disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi, Dr. Miming Miharja pada saat meberikan sambutan, adalah acara yang bertujuan untuk menggelorakan semangat nasionalisme mahasiswa dalam produk lokal yang berhubungan dengan kecantikan dan seni, dengan tetap menjadikan sains sebagai ilmu yang mendasari pembuatan dari produk-produk tersebut.

?

Acara ini dipimpin oleh moderator kondang sekaligus Brand Explorer terkemuka, yaitu Arto Soebiantoro dengan empat orang pembicara yang membawa tema yang berbeda, yaitu Kilala Tilaar, Corporate Creative Innovation Director dari Martha Tilaar Group, Billy Boen, founder dari sebuah komunitas muda anak Indonesia yang bernama Young On Top, Wiradeva Arif, seorang co-founder dari perusahaan game developer dalam negeri yaitu Agate Studio, lalu Rex Marindo sebagai pendiri bisnis kuliner populer Warunk Upnormal.

Sebagai direktur dari Martha Tilaar Group, Kilala Tilaar menekankan bagaimana seorang insan bisa terus memiliki keinginan untuk berinovasi, yang kerap kali mendapatkan inspirasi dari budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia serta kekayaan alam bangsa kita. Sementara dalam sesi yang berbeda, Billy Boen menceritakan pengalamannya dalam membangun Young On Top dari sebuah judul buku menjadi sebuah brand serta memberikan studi kasus terkait inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat.


Selain itu, Wiradeva Arif yang berkecimpung di dunia game memaparkan bahwa awal mula perusahaannya berdiri berasal dari kegemaran bermain game dan keinginan untuk menularkan kebahagiaan yang didapat dengan bermain game kepada orang lain. Terakhir, Rex Marindo selaku pendiri Warunk Upnormal berbagi inspirasi dan pandangan bagaimana menjadi seorang enterpreneur yang tetap inovatif dan kreatif dalam mengembangkan usaha yang dibangunnya.

Selain talkshow bersama keempat tokoh tersebut, di Aula Barat ITB juga terdapat stan Job Fair oleh Martha Tilaar Group bagi mahasiswa tingkat akhir yang tertarik untuk meniti karir di bidang kosmetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, terdapat juga Reseller Booth bagi mahasiswa yang tertarik belajar berbisnis dan menambah penghasilan, booth healthy drink di mana kita bisa mencoba produk jamu sehat, serta booth Make Your Own Face Cream and Lipstick di mana para peserta dapat membuat face cream sendiri dengan menggunakan formula yang telah ada, serta meracik warna lipstick sesuai dengan selera.


Pada sesi kedua, Martha Tilaar Group mengadakan Beauty Class bagi para mahasiswi dan umum yang ingin mempelajari make up dari konsultan kecantikan yang professional. Hadir pula Alifah Ratu, seorang beauty influencer dan YouTuber kondang, untuk membimbing para peserta beauty class.

Selain mengadakan seminar dan beauty class, Martha Tilaar Group juga mengadakan perlombaan yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa/i se-kota Bandung. Kategori yang diperlombakan adalah lomba business idea, marketing research, cosmetic formulation, dan packaging design. Para peserta cukup mengirimkan makalah paling lambat tanggal 29 Oktober 2018, dan akan dipilih 3 orang pemenang utama dari setiap kategori dengan jutaan rupiah sebagai hadiahnya. Informasi lebih lanjut mengenai perlombaan dapat dilihat di http://bit.ly/generasiberkreasimtg


Reporter: Garry Putranto A.