Berita / Utama

UPT Asrama ITB Gelar PPKM 2018

Ahmad Fadil - Senin, 20 Agustus 2018, 17:20:15 - Diperbaharui : Selasa, 21 - Agustus - 2018, 08:27:29

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Pekan Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) pada Rabu (15/08/2018) bagi seluruh penghuni Asrama ITB di Sasana Budaya Ganesha. Guna memberikan bekal bagi seluruh penghuni asrama yang sebagian besar adalah Mahasiswa TPB 2018, maka acara ini dikemas sedemikian rupa agar menumbuhkan rasa semangat untuk mengikuti perkuliahan nantinya.

PPKM merupakan acara puncak dari Pekan Pengenalan Asrama (PPA) yang sebelumnya diselenggarakan di masing-masing asrama yakni Kidang Pananjung, Kanayakan, dan Sangkuriang pada Sabtu-Minggu (11-13/08/2018). Keseluruhan rangkaian ini dikonsep dengan tema “Living, Learning, Community” dimana karakter yang akan ditanamkan, dibentuk dengan kebiasaan, saling membina antar elemen di asrama, serta penyelesaian masalah yang berjenjang.

Acara ini dibuka secara resmi pada pukul  11.00 WIB oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA secara simbolis dengan pemukulan gong. Selain itu, dalam sambutannya membuka acara, Rektor ITB menyampaikan harapan besarnya terhadap PPKM 2018 agar menjadi awal yang baik bagi terselenggaranya pembinaan karakter di asrama kedepannya. Nilai-nilai ke-asramaan di antaranya disiplin, jujur, dan bertanggung jawab diharapkan dapat benar-benar diaplikasikan oleh penghuni asrama nantinya.

Di bawah bimbingan Kepala UPT Asrama ITB, Dr. Ir. Agung Wiyono Hadi Soeharno, M.Eng acara ini diketuai oleh Vicky Wahyu Saputra (Teknik Industri, 2016). “PPKM ini perlu diadakan sebagai bentuk orientasi penghuni baru terhadap kegiatan di asrama. Selain itu mahasiswa asrama, terkhusus mahasiswa bidikmisi, diharapkan dapat mendapat motivasi dari kegiatan ini sehingga tidak minder dalam menjalani perkuliahan nantinya,” ungkap Vicky.

Dengan harapan memberikan motivasi, acara ini pun dihadiri oleh tokoh inspiratif yakni dua belas alumni Tutor Asrama ITB yang lulus sarjana dengan predikat cumlaude pada Wisuda Ketiga Tahun Ajaran 2017/2018 Juli ini. Di antaranya Ratu Anisa Amalia (Teknik Kimia, 2014) membagikan perjuangannya selama masa perkuliahan hingga meraih predikat cumlaude pada kelulusannya. Tak hanya itu, peserta juga diberikan arahan bagaimana nantinya selain memiliki Indeks Prestasi Akademik yang bagus, juga dapat aktif berorganisasi, serta memiliki prestasi non akademik.

Antusiasme dari sekitar 800 peserta yang hadir terbilang sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul pada sesi tanya jawab di akhir sesi materi. Pertanyaan peserta seputar Tips and Trick menjalani perkuliahan serta cara mengukir prestasi selama di ITB menggabambarkan sudah munculnya semangat berprestasi oleh mahasiswa baru tersebut.

Demikian acara ini berakhir pada 15.30 WIB dengan harapan seluruh peserta yang hadir pada acara sudah memiliki semangat tinggi dalam menjalani perkuliahan nantinya serta dapat berprestasi di kancah nasional bahkan internasional.

Reporter: Irfan Ibrahim