Mengenal Chrysilla Irianti Wisesa, Wisudawati ITB dengan IPK Nyaris Sempurna

Oleh Ahmad Fadil

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Raut kebahagiaan begitu terpancar dari wajah Chrysilla Irianti Wisesa. Pasalnya, mahasiswa Program Studi Sarjana Sains dan Teknologi Farmasi di Sekolah Farmasi (SF) ITB ini lulus dengan predikat cum laude dengan IPK yang nyaris sempurna, yakni 3,97. Sisi, sapaan akrabnya, akan dikukuhkan sebagai Sarjana Farmasi dalam Wisuda Ketiga Institut Teknologi Bandung Tahun Akademik 2017/2018 di Gedung Sabuga, Sabtu (21/7/2018).

Selama menjadi mahasiswa ITB, banyak prestasi yang diraih oleh Sisi. Pada 2015, Sisi mendapatkan penghargaan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) SF Program Tahap Persiapan Bersama (TPB). Setelah masuk jurusan pun Sisi tetap mempertahankan gelar Mapres Prodi Sarjana Sains dan Teknologi Farmasi pada 2017 lalu.

Sisi termasuk mahasiswa yang pandai memanfaatkan waktu. Saat libur semester kuliah, ia memilih untuk tidak liburan, melainkan magang di dua perusahaan besar yaitu di PT. Actavis dan PT. Imedco Djaja yang sama-sama bergerak di bidang obat-obatan. Selain aktif dalam kegiatan akademik, Sisi juga aktif dalam kegiatan non-akademik kampus. Sisi merupakan anggota Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) ITB dan Unit Bola Voli (UBV) ITB.

Sisi bercerita, sejak SMA ia sangat menyukai hal-hal seputar biologi, kimia, dan fisika. Karena kesukaannya di bidang eksak inilah yang membawa Sisi ingin lebih mendalami dunia farmasi. Saat kuliah Sisi berjumpa dengan salah satu mata kuliah yang berkesan untuknya, yaitu mata kuliah Farmasetika Dasar. Mata kuliah ini diambil Sisi pada semester tiga dan menjadi awal bagi Sisi untuk mengenal dunia farmasi.

Farmasetika sendiri merupakan kelompok keahlian yang diambil Sisi ketika kuliah. Fokus terhadap kelompok keahlian ini, Sisi pun sempat menjadi asisten dosen pada kelompok keahlian ini. Selain itu, Sisi juga melakukan penelitian yang berkaitan dengan tugas akhirnya di lingkup kelompok keahlian ini.

Sekilas tidak ada yang berbeda dari cara belajar Sisi dengan mahasiswa lainnya. Sisi selalu mengikuti pekuliahan dengan baik. Namun yang menjadi ciri pembeda dari Sisi ialah karakternya yang bersungguh-sungguh untuk mengerjakan tugas sampai akhir. Motivasinya hanya satu, yaitu, “Yang penting kita usaha dulu,” tuturnya saat ditemui reporter itb.ac.id Jumat (20/7/2018).

Buah kegigihan Sisi selama berkuliah empat tahun di ITB pun memberikan hasil yang cemerlang. Ia lulus dengan IPK yang nyaris sempurna. Sisi menambahkan, pengaruh lingkungan yang baik juga membuatnya berada di posisi saat ini. “Aku senang lingkungan di sini, Bandung yang sejuk, dan ITB juga nyaman untuk belajar. Teman-teman di SF baik-baik, ramah, dan mereka juga berasal dari berbagai daerah,” kata wanita lulusan SMA St. Aloysius Bandung itu.

Keberhasilannya tak lepas dari peran orangtua yang senantiasa mendorongnya untuk lebih baik. Bagi Sisi, Ibu merupakan sosok idolanya. Menurut Susi, Ibu selalu mengusahakan yang terbaik, memberikan support, dan selalu peduli. “Pokoknya mama yang terbaik,” ujar Sisi sambil memperlihatkan senyum bahagia.

Sisi juga menambahkan bahwa ia ingin membahagiakan orangtuanya lewat usahanya saat ini dan kedepannya. Dalam waktu dekat ini Sisi akan mengikuti Program Pendidikan Profesi Apoteker ITB selama dua semester. Perihal cita-cita, Sisi mengatakan dengan malu-malu bahwa dirinya berencana untuk terjun dalam industri obat-obatan.

Penulis: Rosa Aldita

scan for download