Peringatan 98 Tahun PTTI, ITB Berikan 31 Penghargaan

Oleh Ahmad Fadil

Editor -

BANDUNG, itb. ac.id -- Dalam rangka Peringatan 98 tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI), Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan apresiasi yang tinggi kepada individu dan kelompok atau organisasi yang telah memberikan sumbangsihnya bagi perkembangan ilmu pengetahuan, bangsa, atau secara khusus bagi kemajuan ITB.

Apresiasi itu diberikan dalam bentuk enam kategori penghargaan, yaitu Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dan Utama, Ganesa Widya Jasa Adiutama dan Utama, Ganesa Wirya Jasa Adiutama dan Utama. Penghargaan diberikan langsung Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dalam Sidang Terbuka Peringatan 98 Tahun PTTI yang digelar ITB di Aula Barat Kampus ITB Jl. Ganesa No. 10, Bandung, Rabu (4/6/2018).

Penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama diberikan antara lain kepada Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Bambang S. Brodjonegoro, Ph.D.selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia RI dan Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada pejabat pemerintah yang telah menunjukkan jasa dan pengabdian yang menonjol atau luar biasa selama menjabat.

Sementara itu, penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Utama diberikan kepada Luky Alfirman, M.A., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI dan Dr. M. Saleh Latuconsina sebagai Gubernur Maluku Periode 1998-2002.

Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama diberikan kepada Robert D. Van der Hilst, Assoc Prof Paul Jones, Prof. Rolf Gruber, Nyoman Nuarta, Ir. Nanang Untung, IPU, Widya Sawitar, dan PT. Industri Kereta Api yang telah menunjukkan jasa atau prestasi yang menonjol dalam melaksanakan kegiatan pengembangan IPTEKS di tingkat internasional maupun nasional termasuk untuk ITB.

Kemudian penghargaan Ganesa Wirya Jasa Adiutama yang akan diberikan kepada Alex J. Sinaga, Arifin Siregar, Ir. Hari Tjahjono, Ririek Adriansyah, Pia Alisjahbana, Jeffrey Samosir, dr. Boenjamin Setiawan, UPP PT Chevron Pacific Indonesia, dan PT. Kimia Farma Tbk.

Selanjutnya penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama diberikan kepada Nanang Henky Suharto, Kusetiadi Raharjo, Drs. Djadjat Suhardja, Ir. Glen Pardede. Dan penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama diberikan kepada Darjoto Setyawan, Subakat Hadi, Achmad Zaky, Yayasan Solidarity Forever, IA Teknik Pertambangan ITB Angkatan 1983, dan IA Teknik Lingkungan ITB pengurus periode 2012-2017.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi ITB, Dr. Miming Miharja, S.T., M.Sc.Eng mengatakan, proses pengusulan nama-nama yang diberikan untuk penghargaan tersebut telah berdasarkan usulan dari fakultas/sekolah atau unit terkait di ITB, lalu dievaluasi dan ditetapkan. Adapun jumlah total yang mendapatkan penghargaan sebanyak 31 orang. 

Ia berharap, dengan adanya penghargaan tersebut dapat meningkatkan kontribusi untuk kemajuan bangsa. "Untuk bapak dan ibu yang menerima penghargaan, semoga dapat menginspirasi yang lain, juga semakin menambah karya untuk kemajuan bangsa. Selamat kepada penerima penghargaan semoga Allah catatkan sebagai amal kebaikan," kata Dr. Miming Miharja saat memberikan sambutan kepada para penerima penghargaan.

Reporter: Adi Permana


scan for download