Berita / Utama

SIMKA, Simulator Kereta Api dengan Sensasi Gerakan Karya Mahasiswa Teknik Elektro ITB

Ahmad Fadil - Kamis, 21 Juni 2018, 14:29:47 - Diperbaharui : Kamis, 5 - Juli - 2018, 14:54:18

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung kembali menciptakan karya di bidang teknologi. Karya kali ini hadir dalam bentuk tugas akhir yang dibuat oleh Mukhtar Amin, Achmad Indra Aulia, dan Ngakan Putu Ariastu Krisnadi Rata dari Teknik Elektro ITB 2014.

Ide membuat alat bernama SIMKA (Simulator Kereta Api) ini berangkat dari permasalahan yang ingin dipecahkan mengenai pembuatan simulator kereta yang tidak hanya memberikan tampilan visual tapi juga mampu memberikan sensasi gerakan kepada pengguna. Pengembangan alat ini juga didukung oleh keinginan PT Len Railway System, Akademi Perkeretaapian Indonesia, dan Kemenhub untuk mengembangkan simulator kereta api yang disertai gerakan.

Cara Kerja SIMKA
Saat ditanyai tentang cara kerja SIMKA, Mukhtar Amin sebagai salah satu anggota tim mahasiswa menerangkan, “SIMKA merupakan simulator kereta api berbentuk kabin yang dipasang di atas platform. Simulator ini tidak hanya mensimulasikan visual perjalanan kereta di layar melainkan juga memberi efek pergerakan perjalanan lokomotif kereta,” Ia menambahkan, “Saat simulator dioperasikan, kabin simulator akan digerakkan oleh motor pada platform sehingga memberikan sensasi gerakan (motor cueing) kepada pengguna seolah-olah pengguna berada di dalam lokomotif yang bergerak.”

Proses dan Biaya Pembuatan SIMKA
Mengenai awal pembuatan SIMKA, Mukhtar menjelaskan bahwa SIMKA telah mulai dikembangkan sejak Maret 2017. ”Perangkat kerasnya sendiri sudah siap dari bulan November 2017. Pengembangan sistem motion cueing, penggerak motor, dan tuas pengendalinya dimulai oleh kelompok TA kami pada Oktober 2017 dan selesai pada bulan Mei 2018 kemarin.” ujar Mukhtar. Untuk biaya pembuatan, Mukhtar mengungkapkan, “Biaya pembuatan simulatornya sekitar 124 juta rupiah. Biaya ini adalah rekap pada bulan April 2017 lalu.”

Selain melibatkan tim mahasiswa, Proses pembuatan SIMKA juga melibatkan staff bengkel LSKK (Laboratorium Sistem Kendali dan Komputer) ITB, Dr.Ir. Hilwadi Hindersah, M.Sc. dan Egi Muhammad Idris Hidayat ST,M.Sc.,Ph.D. selaku dosen pembimbing, tim pengembang model dinamika kereta dari mahasiswa magister Teknik Elektro, serta tim pengembang visual kereta dari Microsoft Innovation Center.

Ke depan, Mukhtar berharap penggabungan menyeluruh pada sistem penggerak simulator dengan sistem pembangkit visual kereta dapat dilakukan dan pengemasan produk simulator dapat segera mencapai tahap akhir.

SIMKA ditampilkan untuk pertama kali pada EEdays (Electrical Engineering Days) 2018, sebuah pameran tugas akhir mahasiswa Teknik Elektro 2014 yang terdiri dari 40 tugas akhir dengan berbagai topik. Pameran ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 Mei 2018 bertempat di Aula Timur ITB mulai pukul 08.30 hingga 15.30.

Reporter: Qinthara Silmi Faizal

Foto: Panitia EEDays 2018