Berita / MoU

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Serang Jalin Kerjasama Dengan ITB

Ahmad Fadil - Jumat, 8 Juni 2018, 11:35:36 - Diperbaharui : Jumat, 8 - Juni - 2018, 11:45:57

Bandung, itb.ac.id - Jumat, 8/6/2018, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengunjungi Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kabupaten Serang merupakan kabupaten tertua di Provinsi Banten. Memiliki luas wilayah sekitar 1.400 Km persegi, kabupaten Serang ditempati oleh sekitar 1,5 juta jiwa yang terbagi kedalam 29 Kecamatan dan 360 desa.

Didampingi dengan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan beberapa kepala dinas Kabupaten Serang, Ratu mengharapkan terjalinnya kerjasama untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Serang. “Menghadapi tantangan anggaran pendapatan belanja daerah terbatas, kami berupaya untuk terus menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kami berharap hal tersebut bisa diimplementasikan di Kabupaten Serang. Karena persoalan yang banyak itu, kami yakini dimulai dari kualitas SDM nya,” ujar Ratu, usai menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Serang dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITB.

Perjanjian kerjasama tentang penyusunan feasibility study pengembangan kawasan pusat pemerintaan kabupaten serang akibat pembangunan tol panimbang ini, ditandatangani oleh Dra. Parida, selaku Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kab Serang, dengan Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB. Penandatangan tersebut disaksikan pula oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA.

Prof. Kadarsah dalam sambutannya, juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bupati Serang. Ia mengatakan ITB terbuka untuk melakukan kerjasama dengan kabupaten Serang yang ternyata memiliki sejarah tersendiri bagi beliau. “ITB punya banyak cabang ilmu. Ada 102 Kelompok Keahlian yang nanti bisa dipilih kabupaten Serang untuk kerjasama yang sesuai,” ujar Prof. Kadarsah. Ia memberi contoh kelompok keahlian Kria dan Tradisi, yang diketuai oleh Dr. Gita Winata, yang juga turut hadir dalam acara ini. Kemudian ada pula kelompok keahlian lain, seperti perencanaan wilayah dan kota.

Acara penandatanganan kerjasama antara Bappeda Kabupaten Serang dengan LPPM ITB ini diakhiri dengan pertukaran cinderamata, serta foto bersama di halaman rektorat ITB, jalan Tamansari, Bandung.