Berita / Utama

ITB Laksanakan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN 2018 di Kampus Jatinangor

Vera Citra Utami - Selasa, 8 Mei 2018, 10:18:39 - Diperbaharui : Rabu, 9 - Mei - 2018, 13:46:26

JATINANGOR, itb.ac.id - Selasa (8/5/2018), sekitar 2.300 orang calon mahasiswa ITB yang lolos seleksi SNMPTN 2018 melaksanakan pendaftaran di Kampus ITB Jatinangor. Ini merupakan tahun ke-3 pendaftaran ulang calon mahasiswa baru ITB mengambil tempat di kampus ITB Jatinangor. Selain bertujuan memperkenalkan kampus ITB Jatinangor yang secara administratif terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini, juga dimaksudkan agar calon mahasiswa yang sudah diterima di SNMPTN mengambil kesempatan baik itu dengan tidak lagi mengikuti ujian SBMPTN. "Jangan cuma kenal kampus Ganesa, karena sebagian yang diterima juga akan berkuliah di kampus ITB Jatinangor," kata Syarief, Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana dan Vokasi Direktorat Eksekutif Pengelolaan Mahasiswa Baru dan Kerjasama Pendidikan (DEKTM) ITB.

Saat ditanya alasan mengapa lokasi pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN berlokasi di Kampus Jatinangor, Syarief menerangkan, "Kita (ITB) melaksanakan di sini (Kampus ITB Jatinangor) supaya jauh dari lokasi ujian SBMPTN, dan alasan diselenggarakan berbarengan itu supaya siswa yang terdaftar di SNMPTN tidak lagi mengikuti SBMPTN". Penutupan gerbang kampus ITB Jatinangor juga dilakukan untuk mendukung aturan tersebut. "Bagi yang masuk (area kampus) tidak boleh keluar, alasannya karena pada saat yang bersamaan, di seluruh PTN juga sedang menyelenggarakan ujian tulis SBMPTN. Aturannya sudah seperti itu," ujar Syarief.

Tampak beberapa siswa mulai berbaris untuk melakukan pendaftaran yang dilakukan selama satu hari penuh itu. Seorang siswa dari Lumajang datang bersama tiga orang temannya dari SMA yang sama dengan menggunakan kereta api Malabar dan baru tiba satu hari sebelum hari pendaftaran. "Kita bermalam di tempat kost teman yang sudah diterima lebih dulu di ITB," ujar Ayub.


Beberapa siswa-siswi tampak bersemangat berjalan kaki beriringan dari gerbang depan kampus ITB Jatinangor menuju Gedung Graha Satria Jabar. Dua gedung milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu digunakan untuk pendaftaran mahasiswa baru ITB tahun ini. "Butuh waktu tiga hari untuk membersihkan area gedung ini," ujar Deny Nugraha, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana dari Kampus ITB Jatinangor.

Seperti diketahui, tidak semua siswa di suatu SMA bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN. Hanya sebagian siswa di suatu SMA yang memenuhi syarat nilai raport dan prestasi baik yang diperbolehkan mendaftar melalui jalur ini. Monica, siswi asal Medan mengungkapkan, “ini merupakan perjuangan kami dari semester satu di SMA kak, karena semua nilai raport dihitung, begitu juga prestasi lainnya. Kami sangat senang, akhirnya kami dapat diterima di ITB”. Monica juga menambahkan alasannya masuk ITB “di Medan ITB sangat terkenal dan menjadi tujuan siswa-siswi SMA disana kak, pokoknya keren kalau bisa berkuliah di ITB, saya sangat senang.” Ungkapnya ketika ditanya setelah menyelesaikan seluruh rangkaian proses pendaftaran ulang. Tidak hanya melalui jalur SNMPTN, ITB juga menerima mahasiswa baru jalur SBMPTN dengan kuota sisa sebesar 40%. Sementara, perkuliahan semester baru akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018.

Panitia pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa baru ITB jalur SNMPTN ini melibatkan banyak pihak. "Semua pegawai DEKTM dilibatkan, juga ada dua orang perwakilan per Fakultas/Sekolah, Lembaga Kemahasiswaan, dan juga sekitar 30 orang mahasiswa yang ada di kampus ITB Jatinangor," ujar Syarief. Proses pendaftaran dimulai dengan validasi kelengkapan persyaratan dan berakhir dengan pengambilan foto. Sedangkan Kartu Tanda Mahasiswa baru akan diperoleh pada saat pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa baru ITB jalur SBMPTN. 


Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi pada saat yang sama berkesempatan meninjau lokasi pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa ITB di Kampus ITB Jatinangor. Didampingi Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Kerjasama Pendidikan ITB, Prof. Mindri, dan Ketua Lembaga Kemahasiswaan, Dr.Sandro Mihradi, Prof. Kadarsah menyampaikan ucapan selamat kepada calon mahasiswa baru ITB. "Kepada setiap mahasiswa baru yang sudah berhasil lolos SNMPTN, kami mengucapkan selamat, dan semoga perjalanan kalian diberikan kelancaran dan kemudahan, dan lulus dari ITB untuk menyongsong masa depan yang lebih baik untuk masyarakat bangsa dan negara. Selamat untuk semuanya," pungkas Kadarsah.

Penulis: Nur Faiz Ramdhani (Rekayasa Kehutanan 2015)