Gelar Perdana Open House Pasca Sarjana, Pengunjung Padati Aula Barat ITB

Oleh Ahmad Fadil

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Open House Pasca Sarjana untuk pertama kalinya. Bertempat di Aula Barat ITB Kampus Ganesa, kegiatan ini untuk memperkenalkan Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor di ITB.

Acara yang digelar selama dua hari tersebut, Sabtu (24/03/2018) dan Minggu (25/03/2018), terdiri dari dua kegiatan yakni berupa presentasi dan pameran prodi -prodi pasca sarjana dari 12 Fakultas/Sekolah. Sekitar 1200 orang memenuhi Aula Barat ITB. Sebagian besar pengunjung datang dari pulau Jawa. Pengunjung terjauh berasal dari kota Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Prof. Dra. Fida Madayanti Warganegara selaku Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Program Pascasarjana, di Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan (DEKTM), mengatakan bahwa tujuan acara ini untuk memperkenalkan prodi-prodi magister dan doktor yang ada di ITB, dan memfasilitasi pengunjung untuk mendapatkan informasi langsung dari Fakultas/Sekolah yang bersangkutan.

Presentasi Fakultas/Sekolah
Presentasi dimulai pukul 09.00 dengan durasi 30 menit untuk setiap pemateri dari Fakultas/Sekolah. Presentasi hari pertama untuk Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) , Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), dan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL). Sedangkan hari kedua secara berurutan untuk Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) , Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) , Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) , Fakultas Teknologi Industri (FTI), dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).
 
Presentasi yang disampaikan yaitu seputar informasi tentang program studi, struktur kurikulum, cakupan keilmuan, tahapan-tahapan mulai dari syarat-syarat pendaftaran, hingga ujian yang harus dilewati setiap calon mahasiswa pasca sarjana ITB. Sebagai pemilik acara, DEKTM juga turut menjelaskan ITB secara umum, mulai dari sejarah singkat, kampus-kampus yang dimiliki ITB, dan tentunya bagaimana sistem penerimaan mahasiswa pasca sarjana di ITB. Setiap akhir sesi, peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Pameran Program Studi Pasca Sarjana
Selain presentasi, terlihat stand-stand Fakultas/Sekolah di ITB yang siap menjawab pertanyaan dari pengunjung. Disini, ditampilkan pula hasil karya staff pengajar dan mahasiswa magister dan doktor dari beberapa program studi. Tidak hanya itu, beberapa program beasiswa pemerintah juga mendapatkan stand tersendiri, diantaranya Beasiswa BUDI-DN, (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia), dan Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Salah satu pengunjung dari kota Jakarta, Sari Nurmalasari, mengaku puas karena bisa bertanya lebih banyak tentang program studi yang diminatinya melalui stand-stand fakultas/sekolah. Dengan digelarnya Open House Pasca Sarjana, diharapkan, dapat meningkatkan  daya saing dan juga kualitas calon mahasiswa magister dan doktor di ITB. Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur DEKTM Penerimaan Mahasiswa Pasca Sarjana kepada reporter Kantor Berita ITB. “Kita inginnya competitiveness itu juga meningkat, supaya kita bisa dapatkan kualitas yang terbaik juga,” pungkas Prof. Fida.

Penulis: Ilham Muzakki (Teknik Industri 2016)

Foto: Dokumentasi pribadi


scan for download