Kolaborasi ITB dan MAU, Kembangkan Potensi Bambu dan Rotan di Indonesia

Oleh

Editor -

Musashino Art University

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai negara penghasil bambu terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India, Indonesia memiliki potensi besar untuk memanfaatkan bambu menjadi material masa depan. Begitu pula dengan rotan, Indonesia merupakan pengekspor terbesar dengan menyuplai 80% kebutuhan rotan di dunia tiap tahunnya. Maka, Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Program Studi (Prodi) Desain Produk dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) mengadakan kolaborasi dengan (MAU) dalam upaya pengembangan material bambu dan rotan. Kolaborasi yang mengambil tema “Bond Through Contrariety” ini telah diadakan 9 kali sejak pertama kali diselenggarakan pada 2007. Acara utama kolaborasi antara mahasiswa Desain Produk ITB dengan mahasiswa MAU ini berbentuk workshop mengenai bambu dan rotan yang digelar pada Kamis-Jumat (1-9/3/2018). Hasil karya dari kegiatan tersebut kemudian dipamerkan pada Senin-Rabu (12-14/3/2018) di Indonesia Design Development Center (IDDC), Jakarta. 

Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah mencari potensi pengembangan bambu dan rotan untuk dijadikan bahan utama pembuatan barang sehari-hari. Kevindra, selaku ketua panitia pelaksana sekaligus peserta mengungkapkan bahwa mahasiswa juga dapat mengembangkan dua material lokal ini menjadi produk yang memiliki fungsi praktis, tidak hanya menjadi bahan dasar pembuatan properti acara seperti yang marak dilakukan mahasiswa di ITB. Tema workshop tahun ini berfokus pada percobaan kombinasi bambu dan rotan menggunakan material lain, seperti, kaca, mika, aluminium, dan kertas. Kegiatan kolaborasi ini turut melibatkan dosen dari Desain Produk ITB dan MUA sebagai pendamping, design adviser, serta supervisor.

Proses workshop dalam kolaborasi ini dimulai dengan pembagian kelompok yang berisikan mahasiswa S1 tingkat 3 Desain Produk ITB dengan mahasiswa Musashino Art University yang berasal dari latar belakang program studi berbeda-beda. Rangkaian acara selama 9 hari diisi dengan menyentuh langsung material bambu dan rotan, dilanjut dengan brainstorming ide pengembangan produk, lalu diwujudkan menjadi modul-modul kecil. Ide yang telah terkumpul dipresentasikan dalam bentuk konsep pengembangan produk dan lembar kerja. Kolaborasi ini turut mengundang pengrajin bambu dari Cirebon sebagai pengeksekusi tahap akhir pengerjaan produk.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pameran produk yang dihasilkan dalam kolaborasi ini diselenggarakan di Indonesia Design Development Center (IDDC) di Jakarta. Pameran ini diawali dengan presentasi per kelompok serta turut dihadiri oleh Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) Kementerian Perdagangan Indonesia dan Ketua Program Studi Desain Produk UPJ. Produk yang dihasilkan dari eksplorasi bambu dan rotan ini berkisar pada produk interior ruang keluarga, diantaranya adalah, lampu, kursi, hingga meja. “Kegiatan kolaborasi seperti ini sangat membuka pikiran, bahwa kehidupan tidak hanya berkisar di kampus, namun, masih ada dan banyak hal lain yang bisa dilihat.” ujar Kevindra.


Penulis: Rayi Harjani (FSRD '16)

ITB Journalist Apprentice 2018


scan for download