Berita / Campus Life

Aku Masuk ITB 2018 : Sebarkan Semangat untuk Berpendidikan Tinggi

Sitti Mauludy Khairina - Senin, 19 Februari 2018, 21:03:44 - Diperbaharui : Selasa, 20 - Februari - 2018, 10:47:49


BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai upaya meningkatkan semangat berpendidikan tinggi siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA), Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB menyelenggarakan program kerja tahunannya, Aku Masuk ITB (AMI) 2018. Terdapat dua acara utama AMI, yakni diseminasi dan ITB Day. ITB Day yang menjadi puncak serangkaian kegiatan AMI dilaksanakan pada Minggu (04/02/2018) di Kampus ITB Ganesha.

Pada mulanya, AMI ditujukan untuk mempromosikan ITB pada siswa-siswi SMA, tetapi kemudian berkembang lebih menjadi ajang menyebarkan semangat untuk mengenyam pendidikan tinggi agar kelak dapat memajukan pendidikan Indonesia.

Di tahun ini, AMI 2018 menitikberatkan pada pergerakannya mendatangi siswa-siswi SMA langsung melalui program diseminasi atau yang akrab disebut “ITB Goes to School” sehingga informasi terkait bangku perkuliahan dapat lebih menjangkau para siswa yang masih minim pengetahuan terkait bagaimana melanjutkan studi kuliah.

“Sebenarnya untuk AMI tahun ini berusaha lebih meluruskan persepsi, bahwa AMI itu terdiri dari beberapa event, yang antara satu dan lainnya adalah melengkapi dan tidak lebih menonjol. Jadi, ada dua main event, yaitu Diseminasi (ITB Goes to School) dan ITB Day. Persepsi yang masih diketahui oleh mahasiswa ITB adalah acara utama AMI adalah ITB Day. Padahal tidak, acara utama AMI adalah ITB Day dan Diseminasi. Lebih tepatnya ITB Day adalah acara puncak AMI, karena diadakan di paling akhir.” tutur Andronikus Riansy Lumembang (Teknik Sipil 2015), Ketua Pelaksana AMI 2018.

Mata acara diseminasi ditujukan untuk menyebarkan informasi kepada siswa dan siswi yang terletak di daerah selain Bandung. Lain halnya dengan ITB Day, yang sasarannya ialah siswa maupun siswi SMA, terutama kelas XII, yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya, sehingga dapat langsung berkunjung ke ITB Kampus Ganesha. Dengan begitu, siswa-siswi SMA dapat merasakan suasana ITB sehingga diharapkan motivasi untuk berkuliah di ITN pun meningkat.

Terdapat beberapa rangkaian acara dalam ITB Day yang dapat diikuti siswa-siswi SMA, mulai dari edufair atau pameran jurusan, pameran karya mahasiswa ITB, tur laboratorium, tur kampus, seminar motivasi dari alumni ITB, bioskop AMI (berisikan film buatan panitia AMI untuk memberikan semangat juang masuk ITB), wahana, dan games.

Berdasarkan perhitungan kasar, sekitar 5000 pengunjung menghadiri ITB Day mulai dari pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. Hal tersebut menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi SMA terhadap ITB. Setiap sub acara di acara ini pun dipenuhi pengunjung hingga over-kuota. Setiap detil dari kegiatan, mulai dari wahana hingga dekorasi mampu mengundang perhatian para pengunjung.

Dengan target utama siswa siswi SMA, Andro berharap agar semua siswa dan siswi termotivasi untuk melanjutkan hingga pendidikan tinggi/kuliah, khususnya ke ITB. “Target sekundernya adalah mahasiswa ITB itu sendiri. Diharapkan mahasiswa ITB sadar, kalau mereka itu berada di suatu tempat yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang, dan dengan demikian meningkatkan keinginan mahasiswa ITB untuk bergerak lebih memajukan Indonesia, terutamanya dalam hal ini adalah pendidikan.” tutup Andro