Berita / Institusi

Pengumuman Pemenang Penganugerahan Website Terbaik ITB 2017

Ahmad Fadil - Jumat, 2 Februari 2018, 13:34:45 - Diperbaharui : Jumat, 2 - Februari - 2018, 17:52:13

BANDUNG, itb.ac.id - Memasuki era digital, beberapa pemberitaan mulai melirik ke media online. Meskipun tak menampik pentingnya media informasi cetak, namun media online menjadi salah satu alasan untuk menampilkan berita lebih cepat dibandingkan media cetak.

Media online yang menggunakan teknologi informasi berbasis web ini semakin mencuri perhatian masyarakat. Pasalnya teknologi ini memberikan banyak kemudahan dan manfaat terutama untuk mengangkat berita tanpa batas waktu dan wilayah. Penyebaran berita dengan jangkauan yang tidak lagi dibatasi oleh luasan area di sekitar pusat kegiatan.  Melalui mesin pencari seperti google, sebuah topik berita dapat diketahui dengan segera dimanapun pencari informasi itu berada.

Institut Teknologi Bandung (ITB) tentu saja turut memanfaatkan teknologi informasi ini untuk menyampaikan berita kegiatan-kegiatan seputar kampus, dan tentang teknologi serta inovasi yang sedang dikembangkan oleh kelompok-kelompok keahlian, pusat dan pusat penelitian di ITB.

ITB memiliki situs dengan domain www.itb.ac.id yang telah lama ada dan aktif sejak tahun 1990-an. Tidak hanya itu, beberapa media sosial resmi yang sudah terverifikasi sebagai milik ITB juga turut membantu berkibarnya nama Institut Teknologi Bandung di dunia internasional. Saat ini setidaknya ada lebih dari seratus sub domain itb dot ac dot id, yang dikelola oleh unit-unit pendukung dan akademik di ITB.

Penganugerahan Website Terbaik

Tahun 2017, ITB melalui Kantor Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi (WRAAK) mengadakan penganugerahan website terbaik untuk unit-unit kerja di ITB.  Penganugerahan ini untuk memberikan apresiasi kepada para pengelola website di lingkungan unit kerja yang telah berkontribusi terhadap popularitas dan peringkat ITB di tingkat dunia.

Ketua Panitia Penyelenggara Penganugerahan Website Terbaik di ITB, Ir. Farkhad Ihsan Hariadi, M.Sc, mengatakan bahwa kriteria penilaian berdasarkan atas komponen-komponen penilaian webometrics, keterbukaan informasi publik, sistem dan teknologi informasi, serta pengelolaan informasi yang digunakan unit kerja yang bersangkutan. Penganugerahan dibagi kedalam dua kategori, yaitu Unit Kerja Akademik (UKA) dan Unit Kerja Pendukung (UKP). Kamis (1/2/2018), pengumuman sekaligus pemberian apresiasi bagi para pemenang anugerah website terbaik unit kerja di ITB dilaksanakan di Gedung Aula Timur.


Sebagaimana diketahui, terdapat beberapa organisasi pemeringkatan website di tingkat dunia, seperti Webometrics, 4ICU dan UniRank. Wakil Rektor ITB Miming Miharja mengatakan meski pemeringkatan itu bukanlah tujuan utama, namun setidaknya dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja, tidak hanya di bidang teknologinya namun juga disisi kontennya. Harapannya, ITB dapat ikut maju bersama-sama dengan perguruan tinggi lain, menjadi yang terdepan di tingkat nasional maupun Internasional.

Pada acara ini panitia mengumumkan website terbaik untuk kategori UKA dan UKP.  Website terbaik kategori UKA, juara pertama diraih oleh Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), juara kedua diraih oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan juara ketiga oleh Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH). Sedangkan website terbaik kategori UKP, juara pertama diraih oleh Direktorat Logistik, Juara kedua oleh Unit Pelaksana Teknis E-Learning, dan juara ketiga oleh Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor.