Berita / Utama

ITB Resmikan Gedung Labtek 1 dan Wajah Baru di Utara Kampus Ganesha

Muhammad Arief Ardiansyah - Rabu, 24 Januari 2018, 18:59:04 - Diperbaharui : Senin, 14 - Mei - 2018, 15:50:54

BANDUNG, itb.ac.id – Selasa (23/01/18) merupakan hari yang penuh suka cita bagi seluruh civitas akademika di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Pada hari tersebut Rektor ITB meresmikan gedung Labtek 1 hasil renovasi beserta pintu Gerbang Utara yang telah selesai ditata ulang dalam kurun waktu setahun terakhir. Penambahan ruang kuliah dan wajah baru di ujung barat kampus ini membuat atmosfer perkuliahan di kampus ITB Ganesha terasa semakin menyenangkan.

Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, menegaskan bahwa pembangunan gedung-gedung baru di Kampus ITB Ganesha tak lepas dari usaha dan keberhasilan rektor-rektor ITB periode sebelumnya. “(Pembangunan gedung-gedung baru) ini dilakukan semata-mata demi memperoleh manfaat yang maksimal dan penuh keberkahan bagi kita semua,” tutur Rektor ITB.

Alih Fungsi Laboratorium Teknik 1

Labtek 1 sendiri sebelumnya merupakan sebuah Laboratorium Teknik milik Fakultas Teknik SIpil dan Lingkungan. Layaknya Labtek lainnya, Labtek 1 dahulu juga berisi laboratorium-laboratorium disamping beberapa ruang kelas untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Renovasi terhadap gedung Labtek 1 ini dilakukan pasca gedung CIBE (Center for Infrastructures and Built Environment) selesai dibangun pada awal tahun ajaran 2016/2017. Gedung CIBE pun kini sudah memiliki sarana prasarana yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan Labtek 1 sebelumnya, sebab ia hendak dijadikan pilar utama ITB dalam menghadapi cepatnya pertumbuhan pembangunan infrastruktur sejalan dengan kebutuhan akan perlindungan lingkungan.

Kondisi inilah yang membuat gedung Labtek 1 beralih fungsi menjadi sarana pendukung kegiatan perkuliahan semata. “Yang tadinya gedung (Labtek 1) itu berfungsi sebagai laboratorium, kita ubah fungsinya menjadi ruang kelas,” ungkap Dr. Sigit Darmawan selaku Direktur Pengembangan ITB. Langkah ini tentu menjadi langkah yang sangat tepat mengingat ITB memang memerlukan tambahan ruang kuliah akibat jumlah mahasiswa yang kian bertambah dari tahun ke tahun. “Kapasitasnya (ruang kuliah di Labtek 1) bervariasi mulai dari 40, 80, hingga 120 mahasiswa,” jelas Dr. Sigit.

Kembalinya Wajah ITB di Utara Kampus

Gerbang Utara Kampus ITB sebelumnya sempat ditutup pada tahun 2013 karena alasan keamanan. Kini, gerbang tersebut kembali dibuka bersamaan dengan dibukanya tiga pintu masuk lain yang berada di dekat gedung-gedung baru ITB seperti pintu CRCS, pintu CADL, dan pintu CIBE. Masing-masing memiliki peruntukannya tersendiri dan khusus untuk Gerbang Utara diperuntukkan bagi akses keluar masuk pejalan kaki.

Yang menarik dari wajah baru ITB di bagian utara kampus ini ialah desainnya yang kekinian dan amat mengundang hasrat untuk mengambil swafoto disekitarnya. Gerbang Utara ini juga bisa menjadi tempat refreshing sekaligus lokasi pencarian inspirasi yang menyenangkan bagi siapa saja yang berkunjung kesana. “Semoga (pembangunan Gerbang Utara) ini dapat mendukung atmosfer perkuliahan yang menyenangkan, bukan yang menegangkan,” tutup Rektor ITB.