Berita / Penelitian

ITB Selenggarakan Pameran Poster dan Produk Program PPM dan Inovasi

Ahmad Fadil - Kamis, 18 Januari 2018, 09:58:13 - Diperbaharui : Kamis, 18 - Januari - 2018, 14:12:44


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung mendorong kegiatan dan program untuk memantapkan posisinya di antara universitas-universitas di dunia dan melakukan upaya peningkatan secara terus-menerus dalam rangka menyejajarkan diri dengan perguruan tinggi maju di tingkat internasional.

Dalam bidang penelitian, target umum ITB adalah menjadi universitas penelitian kelas dunia yang berperan sebagai pelopor serta garda terdepan dalam menjawab permasalahan bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa melalui karya yang diakui dan dihormati oleh masyarakat internasional. Sedangkan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, ITB senantiasa mendorong kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan dan/atau kerjasama dengan masyarakat sesuai dengan kompetensi akademik yang dimiliki untuk pembangunan bangsa dan berperan serta dalam memberdayakan dan memajukan masyarakat.

Dalam upaya membangun landasan pengembangan arah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sejak tahun 2004 ITB mengagendakan Program Riset ITB yang sepenuhnya didanai oleh ITB dan dikelola oleh kantor WRRIM/LPPM. Pada tahap awal, program ini hanya terdiri atas Riset Unggulan dan Riset KK dengan dana total hanya 500 juta rupiah.  Pada tahun 2017, ITB telah mengalokasikan sebanyak 15 miliar rupiah untuk Program Riset ITB.

Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, ITB telah mengalokasi dana sebesar Rp 1 miliar sejak tahun 2010. Jumlah tersebut terus meningkat hingga tahun 2017 jumlah dana yang dialokasikan untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat ITB adalah sebesar Rp 4 miliar.

Namun jumlah dana yang dianggarkan tersebut di atas dinilai masih belum memadai untuk mencapai target kinerja (Key Performance Indicator) ITB, sehingga mulai tahun 2017 dikeluarkan program baru yaitu Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB). Program ini juga dimaksudkan untuk memperkuat kelembagaan Kelompok Keahlian (KK) yang ada di ITB.

Dalam program ini KK diberikan kewenangan dalam menentukan fokus penelitian/pengabdian/ inovasi, tim dan target luaran. Dana yang dapat diajukan oleh masing-masing KK bergantung pada target luaran yang diusulkan, dengan batasan maksimum 500 juta rupiah. Total alokasi dana untuk Program P3MI Tahun 2017 adalah sebesar Rp 50 miliar.

Pada kegiatan pameran Poster dan Produk tanggal 18 - 19 Januari 2018 ini, ITB menampilkan hasil – hasil kegiatan yang didanai melalui Program Riset ITB, Program Pengabdian kepada masyarakat, serta Program P3MI ITB pada tahun 2017.

Disampaikan oleh:
Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, MT., Ph.D
Sekretaris Bidang Penelitian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB
Email: jsarwono@lppm.itb.ac.id