Berita / Institusi

Sidang Terbuka Peresmian Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana Semester II Tahun Akademik 2017/2018

Fivien Nur Savitri, ST, MT - Kamis, 11 Januari 2018, 17:49:39 - Diperbaharui : Jumat, 12 - Januari - 2018, 10:43:09

Bandung, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung menggelar sidang terbuka peresmian penerimaan mahasiswa  (PPMB) pascasarjana pada hari Kamis (11/1/2018), bertempat di Aula Barat Kampus ITB Ganesa. Sejumlah mahasiswa baru tampak mengenakan jaket almamater berwarna biru khas ITB mulai memenuhi ruangan sejak pukul tujuh pagi. Para mahasiswa baru pascasarjana dari 12 Fakultas/Sekolah itu seakan tidak ingin ketinggalan momen bahagia hari itu.

Suasana bahagia juga ditunjukkan melalui irama lagu berjudul “You've got a friend in me” suguhan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB yang mengawali persiapan sidang terbuka pagi itu. Sidang Terbuka PPMB pascasarjana merupakan acara seremonial yang setiap tahun digelar dua kali untuk menandai diterimanya calon mahasiswa yang telah lolos seleksi sebagai bagian dari keluarga besar ITB.

Acara dimulai dengan prosesi Rektor, Majeli Wali Amanat, Senat Akademik, serta pimpinan ITB yang memasuki ruangan.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan bersama-sama berdoa mengheningkan cipta, Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Program Pascasarjana, Prof.Dra. Fida Madayanti Warganegara, menyampaikan laporan Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan (DEKTM).

Prof Fida melaporkan data jumlah peminat program magister ITB per tanggal 10 Januari 2018 adalah sebanyak 1.531 orang, sedangkan peminat program doktor sebanyak 77 orang. Peminat program profesi pada semester II tahun 2017/2018 sebanyak 328 orang. 

Lebih lanjut Prof. Fida menyampaikan usia rata-rata mahasiswa baru program magister ITB adalah 27 tahun, dengan usia termuda mahasiswa baru adalah 20 tahun, dan tertua 59 tahun. Sedangkan rata-rata usia mahasiswa baru program doktor ITB Adalah 38 tahun, dengan usia termuda mahasiswa baru adalah 26 tahun, dan tertua 55 tahun.

Pada penerimaan mahasiswa baru kali ini, terdapat 741 orang mahasiswa baru pascasarjana yang telah melakukan registrasi dan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa pascasarjana ITB Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018.


Misi Khusus ITB

Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, kemudian secara resmi melantik mahasiswa baru diikuti dengan pengambilan janji mahasiswa baru dan iringan lagu Bagimu Negeri Oleh PSM ITB. Dalam pidatonya, Prof. Kadarsah menyampaikan banyak hal tentang program riset, pengabdian masyarakat dan pengembangan inovasi ITB yang bersinergi dengan mahasiswa pascasarjana dan pengajar. Rektor ITB juga menyampaikan tentang perkembangan teknologi masa depan yang ditandai dengan hadirnya Artificial Intelligence (AI) dan perkembangan teknologi komputer yang lebih cepat dari prediksi semula.

Prof Kadarsah mengatakan, ITB sebagai perguruan tinggi berkelas internasional ikut membawa misi utama perguruan tinggi dalam mengajarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan lulusan dengan kemampuan terbaik untuk selanjutnya dapat berbagi peran dalam proses pembangunan bangsa. Disampaikan oleh Prof Kadarsah, bahwa misi khusus yang dibawa oleh ITB saat ini adalah membawa kampus berbasis riset menuju arah entrepreneurial university, dengan tiga ciri utamanya yaitu excellence in teaching and learning, excellence in research, dan excellence in innovation.

Dalam mengemban tugasnya, ITB mengembangkan organ tempat proses pengembangan keilmuan yang dilakukan dalam bentuk Kelompok Keahlian (KK). Saat ini terdapat 102 KK yang mencakup empat klaster keilmuan yaitu klaster ilmu sains, teknologi, bisnis dan manajemen, serta klaster seni dan sosial humaniora. ITB juga memiliki 52 Program Magister, 26 Program Doktor, dan 2 Program Profesi yaitu Apoteker dan Program Profesi Insinyur.

Sesuai moto ITB “In Harmonia Progressio”, diharapkan mahasiswa baru ini dapat ikut memacu kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sosial-kebudayaan dalam suasana penuh keharmonisan.