Berita / MoU

Membantu Peningkatan di Berbagai Bidang, ITB Tandatangani MoU dengan Kabupaten Banggai

Ahmad Fadil - Kamis, 28 Desember 2017, 16:07:10 - Diperbaharui : Kamis, 4 - Januari - 2018, 15:16:07

BANDUNG, itb.ac.id – Pada hari Rabu (27/12/17) ITB kembali menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU). Bertempat di ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB, Jl. Tamansari Kota Bandung, penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan langsung oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi, DEA, dan Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, M.M. Nota Kesepahaman Bersama ini melingkupi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Kabupaten Banggai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah dengan luas wilayah 9672,7 KM2, terdiri dari 23 kecamatan 291 desa, dan 41 kelurahan serta didiami sekitar 360 ribu jiwa. Pertumbuhan ekonominya yang sangat baik, yaitu sebesar 33,9% pada 2015 dan meningkat jadi 37,12% pada 2016 ditunjang oleh berbagai bidang. Terletak di antara dua teluk yaitu Teluk Tomini dan Teluk Tolo, Kabupaten Banggai memiliki potensi yang amat besar dalam bidang perikanan serta potensi laut lainnya. Selain potensi perairan yang luar biasa, Kabupaten Banggai juga menjadi salah satu lumbung pangan serta penghasil ternak di provinsi Sulawesi Tengah. Potensi gas Kabupaten Banggai pun terbilang besar, terbukti dari tidak ragunya investor untuk datang menanamkan modal di Kabupaten Banggai dalam bidang gas.

Tidak hanya berusaha mengembangkan alamnya, Kabupaten Banggai juga berusaha mengembangkan manusianya. Program Inovasi 1000 Hari Pertama Kehidupan menjadi program unggulan untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas di Kabupaten Banggai. Dalam program ini, pemerintah mengawal pasangan suami-istri sejak awal pernikahan, berlanjut saat kehamilan istri, kemudian masa istri melahirkan, hingga masa menyusui.

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan Kabupaten Banggai akan semakin maju dalam berbagai bidang. Sinergi yang dihasilkan diharapkan dapat mengarahkan pembangunan yang sedang dikerjakan untuk semakin menyejahterakan masyarakat Kabupaten Banggai.