Berita / Utama

ITB Sambut Antusiasme Publik terhadap Open House Pendidikan 2017

Fatimah Larassaty Putri Pratam - Minggu, 17 Desember 2017, 07:55:57 - Diperbaharui : Senin, 18 - Desember - 2017, 16:36:49

BANDUNG, itb.ac.id – Menyongsong akhir tahun 2017 dan menjelang penerimaan mahasiswa baru yang akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan, ITB melalui Direktorat Eksekutif Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan (DEKTM) ITB menggelar Open House Pendidikan 2017. Acara yang diselenggarakan selama dua hari di Sabtu dan Minggu (16-17/12/17) ini merupakan wadah yang disediakan ITB untuk mengakomodasi kebutuhan akan pengenalan kepada publik tentang program-program studi yang ada di ITB yang cakupannya beragam mulai dari bidang sains, teknologi, seni, dan humaniora. Konsep multikampus (Kampus Ganesha, Jatinangor, Cirebon) dengan standar pendidikan yang sama yang dianut oleh ITB pun menjadi bagian informasi penting yang terintegrasi dalam penyelenggaraan acara ini.

Dilaksanakan secara paralel di Aula Barat dan Aula Timur, Open House Pendidikan 2017 mengangkat konsep acara yang mengombinasikan metode penyebaran info melalui presentasi langsung dan juga stand tiap fakultas dan sekolah di ITB. Untuk sesi presentasi langsung dan tanya jawab, setiap fakultas dan sekolah dijadwalkan waktu selama empat puluh lima menit hingga satu jam untuk menjelaskan prodi-prodi apa yang ada di bawah naungan fakultas atau sekolah tersebut serta prospek kerja yang ada. Pengunjung yang ingin tahu lebih lanjut dapat langsung mendatangi dan bertanya ke stand-stand fakultas dan sekolah yang disediakan.

Uniknya, di stand-stand tersebut pengunjung akan menemui langsung apa yang menjadi ciri khas dari fakultas dan sekolah masing-masing. Misalnya di stand Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) terdapat jamur berukuran besar, stand Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) dengan struktur bambu untuk atap stand-nya, ataupun Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang memajang miniatur teleskop yang bisa dicoba oleh pengunjung. Selain stand dari fakultas dan sekolah untuk jenjang S1, ada juga stand untuk jenjang S2 dan S3 serta stand Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB dimana para pengunjung dapat mencari informasi terkait beasiswa-beasiswa yang ada di ITB.

Melihat antusiasme pengunjung, diharapkan agar Open House Pendidikan seperti ini dapat dilaksanakan rutin di tahun-tahun depan, utamanya pada kisaran waktu pelaksanaan di bulan Desember. Dengan adanya acara ini, mereka yang memiliki ketertarikan untuk studi di ITB mampu mendapatkan paparan informasi yang lebih mendalam tentang ITB juga sekaligus pengalaman khusus untuk berkeliling dan melihat langsung kampus ITB.  


Sumber Foto: Fatimah Larassaty Putri Pratami