Berita / Utama

ITB Miliki Gedung Pendidikan Baru, Gedung Labtek XIV

Gilang Audi Pahlevi - Sabtu, 16 Desember 2017, 08:29:07

BANDUNG, itb.ac.id- Sebagai institusi terkemuka di Indonesia, Institut Teknologi Bandung terus berusaha meningkatkan kapasitasnya dalam mencetak generasi penerus bangsa yang mapan dan mumpuni. Pada Kamis (14/12/2017), peningkatan ini diwujudkan dengan diresmikannya sebuah gedung baru, Gedung Laboratorium Teknologi XIV. Gedung ini merupakan buah kerjasama antara ITB, PT. Freeport Indonesia serta dibantu oleh beberapa donatur dari kalangan pribadi. Peresmian dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, Achmad Didi Ardianto selaku Executive Vice President Human Resources PT Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, Ir. Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Blue Bird Tbk. Dengan diresmikannya Gedung Labtek XIV, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB memiliki gedung pendidikan baru dan gedung ini juga akan dijadikan sebagai Business Research Center.




826x619

Peresmian Gedung Labtek XIV dibuka dengan suguhan tarian tradisonal Papua. Kemudian, Prof. Sudarso Kaderi Wiryono selaku Dekan SBM ITB memaparkan laporan terkait pembangunan gedung terkait. Mengacu pada laporan tersebut, Gedung Labtek XIV merupakan hasil dari penandatanganan MoU antara ITB dan PT. Freeport Indonesia pada tahun 2014. Saat itu, Direktur Utama PT. Freeport Indonesia adalah Rozik B. Soetjipto. Beliau sendiri pernah aktif mengajar di Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Pembangunan gedung ini pun melibatkan berbagai ahli yang terdapat di ITB. Terlibat dalam pembangunan gedung seluas 5.482 meter persegi ini adalah para ahli dari Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknologi Informasi, Teknik Fisika dan Desain Interior.


Gedung ini dirancang oleh Basauli Umar Lubis yang merupakan arstitek senior dan pengajar di jurusan arsitektur ITB. Kemudian gedung ini juga dilengkapi dengan photovoltaic cellI untuk menyediakan listrik yang digunakan untuk seluruh pencahayaan gedung ini. Sistem ini merupakan perluasan dari Laboratorium Manajemen Energi Program Studi Teknik Fisika. Selain itu, gedung ini juga dilengkapi dengan Energy Management System (EMS), yaitu alat bantu yang digunakan oleh operator jaringan listrik untuk memonitor utilitas, kontrol, dan optimalisasi transmisi. Dengan demikian, efisiensi penggunaan energi Gedung Labtek XIV akan semakin meningkat dan menjadikan gedung ini ramah lingkungan.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan serah terima gedung dari PT. Freeport Indonesia dan ITB, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Prof. Kadarsah Suryadi dan kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita. Kemudian para tamu undangan diajak berkeliling untuk melihat interior Gedung Labtek XIV.