Berita / Utama

Meet The Millenial : Learn, Grow, and Make a Difference!

Aldy Kurnia Ramadhan - Kamis, 9 November 2017, 02:23:57

Bandung, itb.ac.id – ITB Career Center dan  Permata Bank bekerja sama mengadakan Talkshow bertajuk Meet The Millenial : Learn, Grow, and Make a Difference pada Rabu (08/11/17) bertempat di Auditorium IPTEKS CC Timur ITB. Hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut adalah Presiden Direktur Permata Bank, Dr. Ridha Wirakusumah, serta aktor nasional kenamaan, Hamish Daud, sebagai Ambassador gerakan #SayangUangnya. Acara yang digelar pada pukul 13.00-15.00 tersebut menyedot antusiasme ratusan mahasiswa lintas jurusan hingga memenuhi auditorium.

Talkshow dimulai dengan sambutan singkat dari Direktur ITB Career Center Dr. Eng. Bambang Setia Budi, ST., MT. Atas nama ITB beliau menyampaikan terima kasih kepada Permata Bank atas penyelenggaraan acara talkshow tersebut, serta berharap kepada segenap mahasiswa yang hadir agar dapat menyerap ilmu dan pengalaman berharga dari seorang Presiden Direktur  sehingga dapat memperluas wawasan mahasiswa. Talkshow kemudian dilanjutkan dengan sesi materi oleh Presiden Direktur Permata Bank, Dr. Ridha Wirakusumah yang memberikan pemaparan mengenai Financial and Technology (Fintech) yang akhir-akhir ini berkembang dengan sangat pesat, baik di Indonesia maupun di dunia.

Bapak Ridha menjelaskan bahwasanya teknologi berkembang dengan sangat cepat akhir-akhir ini, dan saat ini teknologi juga telah merambah sektor finansial. Perkembangan yang terjadi selama 5 tahun belakangan mungkin jauh lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan perkembangan 50 tahun sebelumnya. Saat ini, Fintech di Indonesia perkembangannya paling pesat di dunia, karena market Indonesia yang sangat potensial. Model bisnis lama yang berupa ownership economy saat ini telah bergeser ke model sharing economy sehingga melibatkan masyarakat yang lebih luas.

Saat ini terdapat 157 perusahaan Fintech di Indonesia, berkembang dari tahun 2007 yang pada waktu itu hanya terdapat belasan perusahaan Fintech. Perusahaan-perusahaan tersebut terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Wrappers contohnya Go-Pay dan Doku, Reformers contohnya Amartha dan Modalku, serta Replacers contohnya Bitcoin dan Bitpay. “Perkembangan Fintech yang semakin pesat bagi dunia perbankan dapat menjadi bencana apabila perbankan tidak dapat beradaptasi, namun dapat membangun perbankan menjadi lebih baik dan lebih kuat bila dapat beradaptasi” tutupnya.