Berita / Utama

Tim Taleus ITB Merajai Singgasana Juara Data Mining GEMASTIK 10

Holy Lovenia - Rabu, 8 November 2017, 10:53:54 - Diperbaharui : Kamis, 9 - November - 2017, 04:04:05


BANDUNG, itb.ac.id – Prestasi tidak melulu tentang hasil pembelajaran di kuliah, melainkan juga pencapaian dan kerja keras mendulang ilmu di luar kampus yang didapatkan dari menantang diri sendiri untuk mendobrak batas kemampuan. Usaha juga harus tercermin melalui tindakan nyata dan eksplorasi mandiri, bukan semata memenuhi kompetensi akademik. Lagi-lagi para mahasiswa Teknik Informatika ITB membuktikan hal itu dengan menduduki 5 singgasana juara di GEMASTIK 10, yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti pada hari Kamis-Sabtu (02-04/11/17). Dengan usaha keras dan keberanian untuk mencoba, akhirnya mereka dapat mengharumkan nama ITB kembali di kancah nasional.



Sekilas Mengenai GEMASTIK 10

GEMASTIK 10 (Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2017) merupakan program tahunan yang diadakan secara berkesinambungan dengan tujuan menyalurkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional. Pada tahun ini, GEMASTIK 10 diselenggarakan dengan tema “Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Pemersatu Bangsa” dan terdiri dari berbagai jenis kompetisi pada bidang IPTEK. Beberapa jenis kompetisi yang ada pada GEMASTIK 10 antara lain adalah Pemrograman, Data Mining, dan Keamanan Jaringan & Sistem Informasi.

Kompetisi pemrograman atau Competitive Programming (CP) bertujuan untuk menguji kemampuan para pesertanya dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang diberikan dengan program komputer. Sedangkan, kompetisi Data Mining merupakan perlombaan yang terkait pengolahan dan analisis data dalam jumlah raksasa dengan algoritma-algoritma mutakhir. Keamanan Jaringan & Sistem Informasi atau lebih dikenal dengan sebutan Capture The Flag (CTF) adalah bentuk kompetisi yang menguji kemampuan para pesertanya dalam menghadapi kasus keamanan sistem jaringan dan sistem informasi dan mengeksploitasi kelemahan sistem untuk mendapatkan informasi tertentu.



Singgasana Juara yang Direbut

Berikut ini adalah 5 gelar juara yang berhasil direbut oleh para mahasiswa Teknik Informatika. Juara 2 Kompetisi Pemrograman disabet oleh tim Ainge ST yang beranggotakan Wiwit Rifa’i, Luqman Arifin Siswanto, dan Alfonsus Raditya Arsadjaja. Tim Taleus yang terdiri dari Febi Agil Ifdillah dan Geraldi Dzakwan merajai kompetisi Data Mining sebagai pemenang utama. Selain itu, juara 3 Data Mining turut direbut oleh mahasiswa Teknik Informatika pula, yaitu oleh tim Huwalaumba yang beranggotakan Ali Akbar, Garmastewira, dan Muhammad Gumilang.

Kompetisi Capture The Flag didominasi oleh ITB, dengan tim Rebel yang terdiri dari Kevin Supendi, Jason Jeremy Iman, dan Chalvin sebagai juara 2, dan tim AV yang beranggotakan Aufar Gilbran dan Muhammad Visat Sutarno sebagai juara 3. Kemenangan mereka semua saat ini bukan semata karena mereka bertalenta dan berbakat, tetapi juga karena mereka berusaha keras dan mau menempa diri lebih dari yang lain.