Berita / Utama

IMT “Signum” ITB Jawab Tantangan Bidang Telekomunikasi Melalui Telemotion 2017

Sitti Mauludy Khairina - Selasa, 17 Oktober 2017, 10:17:55 - Diperbaharui : Senin, 30 - Oktober - 2017, 18:19:15


BANDUNG, itb.ac.id - Sektor telekomunikasi dapat dikatakan salah satu sektor yang kini sedang naik daun. Hampir semua orang melibatkan aktivitasnya dengan gawai untuk berkomunikasi jarak jauh. Sayangnya, perkembangan sektor telekomunikasi ini tidak diimbangi dengan pemberdayaan masyarakat Indonesia, tidak pula ditunjang dengan keberadaan infrastrukur di bidang telekomunikasi yang memadai. Berangkat dari hal tersebut, Ikatan Mahasiswa Telekomunikasi (IMT) “Signum” ITB hadirkan program kerja besar tahunannya, Telemotion 2017, yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (14-15/10/17) di Aula Barat ITB.

Telemotion yang pada awalnya ialah sarana untuk temu alumni Teknik Telekomunikasi ITB ini kemudian menjadi ajang untuk mengenalkan bidang telekomunikasi kepada masyarakat umum melalui beberapa rangkaian acaranya, yaitu Grand Seminar, Expo & Start Up Fair, dan Innovation Challenge

Setelah tuntas membahas telekomunikasi dari sudut pandang bisnis, tahun ini Telemotion hadir dengan mengusung tema “Strategi Utama untuk Mewujudkan Telekomunikasi Indonesia yang Mandiri” melalui seminarnya. Mulai pukul 12.30-16.30 WIB, seminar ini diisi oleh stakeholder-stakeholder sektor telekomunikasi dari ranah industri, operator, dan juga regulator seperti Dr. Ir. Ismail MT, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ir. David Bangun, M. Eng, IPM, DIrekur Digital and Strategic Portofolio PT Telekomunikasi Indonesia, Ir. Irawan Purwono, CEO PT Nusantara Compnet Integrator.

Sebagai puncak dari acara Telemotion 2017, Grand Seminar fokus perihal telekomunikasi, realisasi teknologi telekomunikasi masa kini, dan kondisi industri telekomunikasi di Indonesia saat ini. Kiat-kiat terpenting untuk mewujudkan Indonesia yang memiliki indutri telekomunikasi secara mandiri tanpa harus bergantung dengan pihak asing pun tak luput dari pembahasan. Tak hanya memberikan wawasan serta ide-ide di bidang telekomunikasi, seminar ini pun menjadi salah satu upaya dalam menjawab tantangan di dunia industri telekomunikasi serta menumbuhkan budaya peka terhadap isu telekomunikasi baik untuk mahasiswa maupun umum.

Melalui tagline-nya, Connecting Ideas for Indonesia, Kurniawan (Teknik Telekomunikasi 2015), Ketua Telemotion 2017, berharap bahwa Telemotion dapat menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin memajukan Indonesia, khususnya di sektor telekomunikasi. “Harapannya, orang-orang lebih tau tentang teknik telekomunikasi, orang-orang juga bisa memperluas wawasannya tentang telekomunikasi,” ungkapnya.