Berita / Institusi

Dukungan Dunia Usaha Dalam Merealisasikan ITB Sebagai Entrepreneurial University

Fivien Nur Savitri, ST, MT - Sabtu, 14 Oktober 2017, 04:23:58 - Diperbaharui : Kamis, 19 - Oktober - 2017, 03:59:56

Jakarta, itb.ac.id - Seiring dengan meningkatnya tuntutan peran ilmu pengetahuan dan teknologi bagi akselerasi pembangunan Bangsa, Institut Teknologi Bandung (ITB) berupaya untuk meningkatkan kontribusinya dalam memenuhi harapan tersebut ITB telah mencanangkan visi menuju entrepreneurial university dengan 3 ciri utama, yakni excellent in teaching, excellent in research, dan excellent in innovation. Dalam upayanya mencapai visi tersebut, ITB membutuhkan dukungan pembiayaan serta pengembangan kapasitas sarana dan prasarana untuk memfasilitasi eskalasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Upaya pengembangan ITB tersebut memerlukan pembiayaan yang sangat besar sehingga membutuhkan peran serta berbagai pihak untuk dapat mewujudkannya. Untuk itu, ITB mengajak berbagai kalangan, termasuk para pemerhati pendidikan serta pelaku usaha nasional, agar dapat berperan serta dalam program yang sangat strategis bagi kepentingan bangsa ini melalui skema dana lestari, donasi pembangunan gedung, atau berbagai bentuk hibah lainnya. Melalui skema dana lestari, para donatur dapat membantu ITB dengan menyumbangkan dana yang nilai pokoknya bersifat tetap, namun hasil pemanfaatan dananya dapat digunakan untuk membiayai berbagai program tri dharma ITB. Melalui donasi pembangunan gedung, para donatur dapat menyalurkan bantuannya untuk pembaharuan gedung lama maupun pembangunan gedung baru yang sangat diperlukan untuk mengakomodasi perkembangan kebutuhan ruang aktifitas di Kampus ITB. Pada jangka pendek ini, ITB memerlukan pembaharuan Gedung Kimia yang sudah habis usia pakainya, serta pembangunan gedung baru Science Techno Park (STP) yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan, riset, serta program inkubator industri yang memfasilitasi pembinaan para pegiat start up yang mentransformasi hasil riset untuk memasuki dunia bisnis dan industri. Sementara itu, bantuan juga dapat diberikan dalam bentuk hibah, misalnya hibah lahan untuk penelitian bidang ilmu dan teknologi hayati. 

Berbagai kalangan baik para pemerhati pendidikan maupun para pengusaha nasional telah menaruh perhatian besar atas upaya ITB dalam pengumpulan dana lestari, pembangunan gedung, serta bentuk hibah lainnya tersebut. Pada Sabtu, 14 Oktober 2017, pukul 09.00-10.00 WIB, bertempat di Hotel Pullman Jakarta, Jalan MH. Thamrin No. 59, Jakarta Pusat, diselenggarakan acara penandatanganan komitmen dukungan dari para pemerhati pendidikan serta dunia usaha dalam program donasi untuk pengembangan ITB. Pada acara tersebut hadir Ketua, Wakil Ketua, para Anggota Kehormatan, serta para Anggota MWA (Majelis Wali Amanat) Institut Teknologi Bandung, Rektor dan Para Wakil Rektor, serta para filantrofi diantaranya adalah Bapak Marzuki Usman yang akan di wakili oleh Bapak Maradesmu Usman dari Yayasan Izpal Bersaudara, Bapak Teddy P. Rachmat dari Triputra Group, Ibu Arini Saraswaty Subianto dari Yayasan Benny Subianto, Bapak G. Sulistiyanto dari Sinar Mas, Bapak Pongki Pamungkas dari PT. Astra International Tbk, dan Bapak Franciscus Welirang dari Salim Grup.

Semoga komitmen para pemerhati pendidikan dan pengusaha nasional ini menjadi langkah positif yang mencerminkan kepedulian dan upaya bersama dari semua elemen Bangsa dalam menjawab tantangan pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, sebagai elemen fundamental kemajuan Bangsa.