Berita / Utama

Alumni FTMD ITB akan Gelar BNI-ITB Ultra Marathon 2017

Ahmad Fadil - Senin, 9 Oktober 2017, 19:06:03 - Diperbaharui : Rabu, 11 - Oktober - 2017, 17:51:03

BANDUNG, itb.ac.id – Bersama BNI Tbk (Bank Negara Indonesia) dan  Alumni FTMD, ITB mengadakan kegiatan ultra marathon dengan jarak 170km. Jarak jauh tersebut akan melewati rute Jakarta-Bogor-Puncak-Cianjur-Cipatat-Padalarang dan berakhir di Bandung. Marathon akan start Pk. 22:00 pada hari Jumat (13/10/17) di Jalan Sudirman Jakarta (Kantor BNI)  dan finish pada Minggu (15/10/17), pagi hari di Kampus ITB Ganesa Bandung.

Lari marathon bertajuk ‘Tribute to FTMD’ ini merupakan prakarsa Yayasan Solidarity Forever yang telah terbentuk sejak awal tahun 2016 oleh para alumni FTMD ITB. Ide diadakannya acara ini sendiri digagas oleh salah satu alumni FTMD yang juga pelari utama marathon kali ini, Gatot Sudariyono. Awalnya pihak penyelenggara tidak terlalu yakin dengan minat masyarakat terhadap acara ini, namun tanpa diduga sambutan hangat didapatkan, terlihat dari jumlah pendaftar yang melebihi ekspektasi sebelumnya.

Marathon ini akan dibagi dalam beberapa nomor. Untuk kategori lomba yang diperuntukkan untuk peserta umum, ada 3 jenis lomba yaitu solo 170k untuk peserta laki-laki dan perempuan, relay 2 x 85k untuk peserta campuran, dan relay 4 x 42,5k untuk peserta campuran. Sedangkan untuk kategori festival yang diperuntukkan khusus untuk alumni ITB dan sponsor, ada 2 jenis acara yaitu relay 8 x 21k dan relay 16 x 10.7k. Sepanjang rute marathon tersebut, 17 Water Station akan ditempatkan tiap 10km yang juga sekaligus akan menjadi relay point untuk para peserta lari estafet, dan 3 check point. Para peserta lari marathon akan dilepas dengan pengibaran bendera start oleh Rektor ITB, Kadarsah Suryadi, dan Direktur BNI. Diperkirakan akan hadir sekitar 700 - 900 orang yang akan memenuhi lokasi acara start Lari Marathon 170K di Jalan Sudirman Jakarta. Sebelum acara start lari marathon dimulai, seluruh peserta akan melakukan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sebagai wadah kampanye hidup sehat dan ajang silaturahmi, acara ini juga merupakan salah satu bentuk fund raising yang diupayakan oleh alumni sebagai salah satu sumber dana demi pemutakhiran faslitas seperti laboratorium di ITB. Dengan tema ‘tribute to FTMD’ yang diusung tahun ini, dana yang terkumpul akan difokuskan untuk pembenahan Laboratorium-laboratorium di FTMD ITB. Diharapkan acara serupa dapat digelar pada tahun-tahun berikutnya dan tidak hanya terfokus pada FTMD ITB. Acara Ini juga menjadi bentuk nyata dukungan dari para alumni terhadap ITB karena masalah pendidikan di ITB tidak hanya di-support dari pemerintah dan mahasiswa saja. Dengan acara ini, kontribusi Alumni terhadap ITB juga menjadi semakin terasa.

Selain lari Marathon 170K, ITB bersama PLN juga mengadakan Fun Run 5K pada hari Minggu (15/10/17). Peserta Fun Run 5K akan dilepas di jalan Braga (depan Kantor PLN) Bandung dan berakhir di tempat finish yang sama dengan Peserta 170K. Acara ini akan dimeriahkan pula dengan hadirnya panggung acara di Lapangan CC Timur ITB. Sebuah layar berukuran besar disiapkan untuk menampilkan live streaming para peserta lari 170K.

BNI-ITB Ultra Marathon tidak mungkin terjadi tanpa kolaborasi berbagai pihak. Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi, Dr. Miming Miharja dalam pers konferensi pada Senin (09/10/17) menyampaikan apresiasinya “Penghargaan yang setinggi-tingginya khususnya untuk para alumni mesin yang telah menginisiasi dan mengorganisasikan acara yang sangat baik ini.” Beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya pada para sponsor, serta mengungkapkan bahwa Rektorat sangat mendukung acara positif seperti ITB Ultra Marathon ini. Ia juga berharap ini dapat membantu pengembangan fasilitas dan semua keperluan untuk pengembangan riset dan pendidikan yang ada di ITB.