Berita / Utama

Tiga Mahasiswa ITB Partisipasi Dalam ASEAN Student Forum 2017 di Malaysia

Sitti Mauludy Khairina - Sabtu, 30 September 2017, 06:35:34 - Diperbaharui : Sabtu, 30 - September - 2017, 08:45:50

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka memberikan solusi terhadap isu-isu kemanusiaan yang memengaruhi integrasi antar negara ASEAN, Universitas Teknologi Petronas mengusung kegiatan “ASEAN Student Forum” yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Sesuai namanya, peserta forum ini ialah pelajar dan intelektual dari universitas-universitas dari tiap negara di ASEAN. Indang Fauziah (Teknik Lingkungan 2014), Aditya Reyhan (Teknik Lingkungan 2014), dan Ginanisa Aulia (Desain Interior 2014) menjadi tiga mahasiswa yang mewakili ITB dalam ajang yang diselenggarakan pada Senin-Rabu (25-27/09/17) di Perak, Malaysia.

Dalam forum tahun ini, terdapat beberapa tema berisu kemanusiaan seperti isu sosial, lingkungan, politik, ekonomi, dan media. Indang, Adit, dan Gina memilih tema ASEAN Youth and Environment sebagai fokusnya.


Kegiatan ini memiliki berbagai macam mata acara, seperti speech yang diwakili satu orang satu negara, workshop dan presentasi, diskusi grup, team building, persiapan resolusi, juga presentasi resolusi yang tepat untuk permasalahan yang paling umum di ASEAN. Terdapat pula townhall meeting yang membahas mengenai isu-isu yang ada di negaranya masing-masing. Pada Kamis (28/09/17), peserta pun berkesempatan untuk melakukan tour ke berbagai tempat di Kota Perak.



Selain mendapat pencerahan materi terkait lingkungan secara global dari pembicara-pembicara yang ahli di bidang itu, Indang mengaku ia pun belajar untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yang sifatnya global yang dialami oleh setiap negara ASEAN. Tak hanya itu, melalui forum ini pun peserta dapat belajar budaya negara-negara ASEAN satu sama lainnya sehingga dapat menambah keakraban antar pemuda ASEAN.

Sumber dokumentasi : dokumentasi peserta