Tim PoKariSup Sabet 2 Penghargaan di 2 Kompetisi Berskala Nasional

Oleh Holy Lovenia

Editor -

Honorable Mention II


BANDUNG, itb.ac.id - Sekali lagi, para mahasiswa dari ITB meraih prestasi dalam ajang perlombaan yang diikutinya. Tim PoKariSup berhasil merebut gelar Juara III dalam kompetisi HackToday pada IT Today 2017 yang diadakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari Sabtu (16/09/17). Bukan hanya itu saja, tim yang beranggotakan Chalvin (Teknik Informatika 2014), Kristianto Karim (Teknik Informatika 2014), dan Kevin Supendi (Teknik Informatika 2014) tersebut juga menerima penghargaan dalam kompetisi Capture The Flag (CTF) pada Compfest 9 yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI) pada hari Minggu (17/09/17).



Sekilas Terkait Capture The Flag (CTF)

Baik HackToday pada IT Today 2017 maupun Capture The Flag (CTF) pada Compfest 9, keduanya adalah ajang perlombaan hacking yang menguji kemampuan dan pengetahuan para peserta, terutama dalam menganalisis sistem keamanan. Keduanya merupakan kompetisi keamanan jaringan dan teknologi informasi berskala nasional. Pada kompetisi CTF ini, para peserta diminta untuk mengeksplorasi celah-celah rentan yang dimiliki oleh suatu jaringan, dan mengeksploitasinya agar mendapatkan informasi yang diinginkan. Para peserta akan mendapatkan flag setiap kali mereka berhasil menyelesaikan suatu permasalahan.


Bukan Hanya untuk Memenangkan Kompetisi

Tujuan peserta dalam mengikuti kompetisi, tentunya adalah untuk merebut deretan gelar juara yang tersedia. Di balik motivasi untuk memenangkan lomba tersebut, ternyata tidak hanya itu saja yang diincar oleh tim PoKariSup. Menurut Kristianto Karim dan Kevin Supendi, CTF juga merupakan salah satu kegiatan yang digemari, dan mungkin akan menjadi bidang keilmuan yang bisa didalami ke depannya. Karena itu, tim PoKariSup tetap bersemangat dan mengeksplorasi hal-hal yang menarik dalam bidang informatika, salah satunya adalah sistem keamanan jaringan terkait Capture The Flag (CTF) ini. Lebih dari sekedar menang, tujuan jangka panjang di masa depanlah yang menjadi target tim PoKariSup.



Pesan untuk Para Pejuang Lainnya

Meraih keberhasilan bukanlah sesuatu yang pasti, apalagi mudah. Setelah satu gunung prestasi telah terlewati, tentunya ada bukit lebih tinggi yang harus didaki. “Tetap semangat, nikmati saja prosesnya,” ucap tim PoKariSup. “Selain itu, jangan lupa latihan rutin. Kalau mau belajar mengenai CTF, ada soal-soal yang bisa dikerjakan di https://hmif.cf secara online. Selain itu, jangan ragu untuk berbagi pengetahuan dengan sesama teman. Karena, sharing is caring.”


scan for download