Berita / Utama

FSRD ITB Gelar InsTitutBlues

Aldy Kurnia Ramadhan - Minggu, 10 September 2017, 07:10:27

BANDUNG, itb.ac.id – Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB menggelar acara musik bertajuk InsTitutBlues yang masih termasuk rangkaian Peringatan 70 Tahun FSRD ITB. Acara music bergenre blues lawas tersebut digelar di lapangan Seni Rupa FSRD ITB pada Jumat (8/9/17) pada pukul 19.00-22.00 dan dihadiri oleh ratusan pengungjung yang meliputi mahasiswa, dosen, maupun alumni FSRD ITB dari berbagai angkatan. Selain itu, hadir pula penulis kenamaan Indonesia, Pidi Baiq, yang merupakan alumni FSRD ITB angkatan 1991.

Acara dibuka tepat pada pukul 19.00 dengan sambutan penyelenggara serta ucapan syukur dan doa atas peringatan 70 tahun pendidikan seni rupa dan desain. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan musik dari berbagai pementas. Baik dosen maupun alumni saling berunjuk kebolehan bernanyi dan bermain musik di atas panggung. Penonton pun riuh terbawa alunan musik merdu dari tiap penampil.


Sekilas Tentang FSRD

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB) diresmikan pada tahun 1984, setelah mengalami sejarah perkembangan yang panjang sejak 1 Agustus tahun 1947 sebagai Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Teknik Universitas Indonesia di Bandung. Pada tahun 1956, bersama bagian arsitektur digabung menjadi Bagian Arsitektur dan Seni Rupa. Bagian Seni Rupa terbagi menjadi dua bidang studi yaitu Pendidikan Seni Rupa dan Seni Lukis. Pada tahun 1959 Arsitektur dan Bagian Seni Rupa berubah nama menjadi Departemen Perencanaan dan Seni Rupa bersamaan dengan lahirnya Institut Teknologi Bandung. Bagian Seni Rupa terbagi menjadi Pendidikan Seni Rupa, Seni Lukis dan Seni Interior.

Dalam perkembangan berikutnya bidang studi pada bagian Seni Rupa bertambah lagi menjadi bidang studi Seni Keramik (tahun 1963), bidang studi Seni Grafis dan Seni Patung (tahun 1964). Seiring dengan dinamika yang terjadi di ITB pada tahun 1964 bidang studi Pendidikan Seni Rupa berganti nama menjadi bidang studi Komunikasi Seni Rupa. Pada tahun 1965 bidang studi Seni Interior berubah menjadi bidang studi Arsitektur Interior.

Tahun 1980 sebutan departemen diubah menjadi jurusan. Jurusan Seni Rupa terbagi menjadi dua bagian yaitu Bagian Seni Rupa dan Bagian Desain. Bidang studi seni rupa maupun desain mengalami perkembangan yang pesat karena tuntutan kebutuhan dari masyarakat, maka pada tahun 1984 Jurusan seni Rupa ditingkatkan menjadi fakultas tersendiri dengan nama Fakultas Seni Rupa dan Desain yang mencakup tiga jurusan, yaitu Jurusan Seni Rupa Murni, Jurusan Desain, dan MKDU.


Sumber Foto : Dokumentasi Penulis.