Berita / Utama

ITB Raih Enam Gelar Juara pada PIMFI 2017

Fauziah Maulani - Jumat, 8 September 2017, 23:15:59

BANDUNG,itb.ac.id – ITB raih enam penghargaan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) yang diselenggarakan pada Senin – Minggu (4-10/09/17) di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. PIMFI merupakan pekan ilmiah mahasiswa farmasi se-Indonesia yang diadakan setiap dua tahun sekali oleh Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia (ISMAFARSI) dalam rangka silaturahmi mahasiswa serta peningkatan jiwa kompetisi untuk mahasiswa farmasi.

Salah satu penghargaan tersebut ialah Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Farmasi Indonesia oleh Dylan (Sains dan Teknologi Farmasi 2014). Dylan membuat karya tulis ilmiah berjudul “CARKA : Gagasan Pengembangan Start-Up Pengolahan Informasi Empiris Obat Tradisional Indonesia menjadi Produk Fitofarmaka dalam Rangka Mencapai Ketahanan Nasional”.

Proposal yang digagas tersebut merupakan gagasan pembuatan aplikasi dimana mahasiswa bisa memasukkan cerita empiris obat tradisional dan mahasiswa lain dapat mengakses data serta melakukan uji untuk pembuktian kebenaran tersebut.

“Sangat seru untuk membuat gagasan seperti ini, benar-benar bisa melatih dan berhati-hati mencari informasi. Aku berpesan, melakukan suatu pekerjaan bisa dimana saja, karena dengan mencicil segala sesuatunya menjadi mudah,” ungkap Dylan.

ITB sendiri mengirimkan 44 delegasi pada 7 cabang perlombaan. Para delegasi dari setiap perlombaan yang diikuti merupakan delegasi yang telah lolos seleksi awal.

8 dari 10 finalis lomba produk merupakan perwakilan dari tim ITB, menariknya lagi ketiga predikat juara disabet oleh ITB yaitu Juara 1 oleh Hisana Haryono, Adelia Rahma, Rizky Pramadani, dan Su’ada Daroini (Sains dan Teknologi Farmasi 2014); Juara 2 oleh Devi Nathania, Fanny, Sandra Novitasari (Sains dan Teknologi Farmasi 2014); Juara 3 Produk oleh Mariana Irwan, Theresia Kirana, Jesslyn Aryanti (Farmasi Klinik dan Kominitas 2015), dan Panca Mustikasari (Sains dan Teknologi Farmasi 2015).

Gelar juara lainnya yang diperoleh ialah Juara 3 dan Juara Favorit Herbarium oleh Rahmah Nazilla, Cut Raisa Faratilla (Sains dan Teknologi Farmasi 2014), dan Indri Yuliani (Farmasi Klinik dan Komunitas 2015) serta Juara 3 Poster oleh Stephanie, Jesslyn Aryanti, dan Punja Unggara (Farmasi Klinik dan Komunitas 2015).

Sumber dokumentasi : Dylan