Berita / Utama

Peringatan 70 Tahun FSRD ITB: Mengevaluasi Transdisiplin, Budaya, dan Ekonomi Dalam Konteks Seni Rupa, Kriya, dan Desain

Silvi Absharina Ainun Fahrizah - Selasa, 5 September 2017, 09:22:14 - Diperbaharui : Kamis, 7 - September - 2017, 00:26:39

BANDUNG, itb.ac.id – 70 tahun sudah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) resmi menjadi bagian tidak terpisahkan dari ITB. Sedari awal kehadirannya, FSRD telah memberikan banyak kontribusi baik bagi ITB maupun masyarakat sebagai pusat ilmu pengetahuan, seni, maupun budaya. Pada peringatan ulang tahun ke-70, FSRD mengadakan berbagai macam acara, dari kongres hingga reuni alumni yang diselenggarakan pada Selasa-Minggu (5-10/09/17).


Bertempat di Aula Barat dan Aula Timur ITB, hari pertama dibuka dengan Pameran Karya Pendidikan, Penelitan, dan Pengabdian dan seminar internasional serta ditutup dengan Malam Apresiasi dan Peluncuran Buku 70 Tahun FSRD ITB. Seminar internasional, 1st Icon-Arccade 2017, diadakan sebagai forum diskusi yang membahas tantangan dan fenomena bidang seni rupa, kriya, dan desain masa kini dan masa depan. Seminar internasional ini bertajuk “Sustainability, Inter- and Trans-discipline, Culture, towards Creative Economy”. Sejumlah pembicara yang diundang FSRD dalam seminar ini antara lain Prof. Takaaki Bando dari Musashino Art University, Jepang, Prof. Yasraf Amir Piliang dari FSRD ITB, Ms. Chang Yueh-Siang yang merupakan kurator dari NUS Museum, National University of Singapore, Singapore, dan Prof. Michael A. Hann dari Sekolah Desain, University of Leed, Inggris.

Selain tiga acara tersebut, terdapat pula International Textile and Costum Congress (ITCC) 2017 yang akan diselenggarakan pada Kamis-Jumat (7-8/09/17) dengan tajuk “A Textile Revolution: People, Craftmanship, and Innovation”. Kongres yang diadakan di Aula Timur ITB ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi kepada publik terhadap kerumitan dan proses panjang sebuah produksi, craftsmanship, hingga menghasilkan sebuah inovasi pada tekstil dan kostum.

Terhitung sejak16 Agustus lalu, telah resmi dibuka Pameran Cara Lain Menuturkan: Simon Admiraal dan Kisah Mazhab Bandung yang berlokasi di Galeri Soemardja FSRD ITB. Pameran yang diselenggarakan hingga 17 Oktober ini juga merupakan salah satu acara dalam perayaan 70 tahun FSRD ITB. FSRD ITB juga tidak lupa memberikan wadah reuni kepada para alumninya. XSR-ers Gathering Day yang diselenggarakan pada Jumat (8/9/17) merupakan bentuk apresiasi FSRD ITB karena kesuksesan yang telah berhasil diraih FSRD ITB tentunya merupakan hasil kerja sama berbagai pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk para mahasiswa dan alumni.