ICREM 2017 Diselenggarakan di ITB

Fauziah Maulani | Minggu, 13 Agustus 2017, 09:32:43 | Lihat foto berita ini | Diperbaharui : Rabu, 30 - Agustus - 2017, 20:33:11

BANDUNG,itb.ac.id – Program Studi Matematika ITB bekerja sama dengan Institute for Mathematical Research (INSPEM), Universitas Putra Malaysia, dan Institutes of Mathematics, Vietnam Academy of Science and Technology (IMVAST) menyelenggarakan The 8th International Conference on Research and Education in Mathematics (ICREM) pada (11-13/08/17) di Aula Timur ITB. Konferensi ini bertujuan mempersatukan matematikawan, ilmuwan, dan industrialis bersama dari Asia Tenggara dan dunia untuk berbagi pengetahuan, bertukar ide, berkolaborasi, dan menyajikan hasil penelitian pada seluruh aspek matematika dan aplikasinya.

"Saya berharap konferensi ini akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertukar ide baru dan mengaplikasi pengalaman, membangun koneksi penelitian, dan menemukan partner global untuk berkolaborasi di masa depan," tutur Rinovia Simanjuntak sebagai Ketua ICREM 2017.

Pembicara utama (keynote speaker) pada konferensi ini ialah Motoko Kotani dari Universitas Tohoku, Jepang pada (12/08/17), sedangkan pembicara pleno (plenary speaker) yaitu Phùng Hô Hai (IMVAST), Marian Roque (University of The Philippines Diliman), Aida Suraya (Universitas Putra Malaysia), Maman Djauhari (Pusat Penelitian Statistik dan Analisis Data), dan Johan Matheus Tuwankotta (ITB). Pembicara lain yang berkontribusi berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun di dunia, salah satunya Muhammad Al Kahfi, Mahasiswa Berprestasi ITB 2017.

Pada pembahasan bersama Matoko Kotani hal yang didiskusikan ialah "Tantangan Matematis untuk Memahami Material". Berdasarkan tantangan Advanced Institute for Materials Research (AIMR) untuk menetapkan dasar dari prediksi sifat/fungsi material melalui kolaborasi material matematika-sains, maka terdapat tiga proyek target yaitu material non-ekuilibrium berdasarkan sistem dinamika matematika, material fungsional topologis, dan hirarkis material multi scale berdasarkan analisis geometris diskrit. Pada kesempatan itu, Matoko mendiskusikan beberapa hasil yang muncul dari proyek tersebut.