ITB Kenalkan Kampus Jatinangor Melalui MOMBA

M. Armando Siahaan - Jumat, 4 Agustus 2017, 00:08:28 Lihat foto berita ini

JATINANGOR, itb.ac.id – Direktorat Eksekutif Kampus Jatinangor kembali mengadakan kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMBA) pada Jumat (04/08/17). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kampus Jatinangor kepada mahasiswa yang akan melanjutkan kegiatan akademik di kampus Jatinangor mulai semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Para mahasiswa berasal dari berbagai program studi, seperti Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Teknik Pengolahan dan Sumber Daya Air (TPSDA), Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Rekayasa Hayati, Rekayasa Kehutanan, Rekayasa Pertanian, Teknologi Pasca Panen, dan Kewirausahaan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) kampus Cirebon yang akan memulai tahun pertama perkuliahan di Jatinangor.

        Tahun ini, kegiatan MOMBA mengangkat tema “Safety, Security, and Emergency Preparedness”. Kegiatan yang bertempat di ruangan K2 9657 Gedung Kuliah Umum (GKU) II ini dibuka dengan penampilan musik yang dipersembahkan oleh pegawai ITB Kampus Jatinangor dan Cirebon. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Ketua Program Studi Kewirausahaan yang mewakili Dekan Sekolah Bisnis dan Manajemen, Ketua Program Studi TPSDA yang mewakili Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Ketua Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi yang mewakili Dekan Fakultas Teknologi Industri, serta Direktur Eksekutif Kampus Cirebon.

    Sesuai dengan tema yang diangkat, dalam kegiatan ini juga dijelaskan mengenai prosedur Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Lingkungan (K3L) di sekitar kampus ITB Jatinangor. Penjelelasan K3L diawali dengan demonstrasi dan pengenalan fauna yang ada di sekitar kampus ITB Jatinangor. Selanjutnya, para mahasiswa diberitahu tentang layanan kesehatan mahasiswa serta prosedur Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Disamping itu, Lembaga Bimbingan Konseling serta UPT Asrama juga turut menyampaikan materi tentang kehidupan mahasiswa secara umum di kampus Jatinangor.

    Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan simulasi penanganan bencana yang dipandu oleh UPT K3L. Terdapat tiga simulasi yang dilakukan, yakni simulasi P3K, simulasi penanganan gempa bumi, serta simulasi pemadaman kebakaran. Melalui pelaksanaan simulasi ini, para mahasiswa diharapkan memiliki gambaran tentang prosedur keselamatan apabila terjadi bencana di lingkungan ITB kampus Jatinangor.

        Acara MOMBA kemudian ditutup dengan sesi perkenalan dan presentasi dari Masjid Al-Jabar. Tak lupa, Direktur Eksekutif Kampus Jatinangor, Dr. Ir. Wedyanto, M.Sc., juga menyampaikan pesannya kepada para mahasiswa. “Selamat belajar di lingkungan Jatinangor. Selamat beraktivitas. Jaga kebersamaan dan kekompakan serta saling membantu. Semoga sukses,” pungkasnya.