ITB Luluskan 1868 Mahasiswa dalam Sidang Terbuka Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2016/2017

Oleh Hanafi Kusumayudha

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia, Institut Teknologi Bandung kembali mencetak lulusan yang siap mengabdi pada negeri. Kali ini, ITB menggelar Sidang Terbuka Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2016/2017 pada Jumat-Sabtu (21-22/07/17) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Melalui sidang ini, ITB resmi melepas sebanyak 1868 mahasiswa dengan rincian 37 mahasiswa program doktor (S3), 587 mahasiswa program magister (S2), dan 1244 mahasiswa program sarjana. Sidang yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh Rektor ITB, Para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, dan orang tua wisudawan. Menariknya, dalam sidang ini hadir pula Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec. sebagai tamu kehormatan ITB.

Sidang diawali dengan prosesi Rektor, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, serta pimpinan ITB memasuki Sabuga diiringi lagu mars ITB oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta disambung dengan pengambilan janji wisudawan. Setelah mengucapkan janji, Rektor ITB melantik secara simbolis para wisudawan sekaligus menyampaikan sambutannya berjudul “Meneropong dan Menyiapkan Masa Depan”. Dalam graduation speech tersebut, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan tentang tantangan di masa depan yang akan lebih kompleks sehingga diperlukan pemikiran yang komprehensif dari berbagai bidang keilmuan.

Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec. turut memberikan beberapa patah kata untuk menyemangati wisudawan di masa depan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan kesan dan pesan wisudawan selama kuliah di ITB oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D. Pembacaan tersebut disambut tepuk tangan meriah dan gelak tawa dari wisudawan dan para orang tua. Selanjutnya, Rektor dan masing-masing Ketua Prodi memberikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan diselingi beberapa kali istirahat. Uniknya, dalam salah satu sesi istirahat para petinggi ITB justru malah menghibur wisudawan dan orang tua dengan menyanyikan lagu Too Much Heaven yang dipopulerkan oleh musisi kenamaan Bee Gees. Tak ayal penonton pun terhibur dengan lantunan musik yang dibawakan, serta merdunya harmonika yang dimainkan oleh Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata perpisahan dari salah satu wisudawan, Rizka Irjayanti (Desain Komunikasi Visual 2013) dan ditutup dengan doa.


Sumber gambar : Dokumentasi pribadi


scan for download