WISUDA KETIGA ITB TAHUN AKADEMIK 2016/2017 : Meneropong dan Menyiapkan Masa Depan

Oleh Fivien Nur Savitri, ST, MT

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas Rahmat dan Ridho-Nya ITB akan menyelenggarakan Wisuda Ketiga ITB tahun akademik 2016/2017 untuk tingkat Sarjana (1.244 orang), Magister (588 orang) dan Doktor (37 orang).

Wisuda akan dilaksanakan dua hari, yaitu Jumat, 21 Juli 2017 untuk wisuda Program Doktor, Program Magister dan Program Sarjana Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan hari Sabtu, 22 Juli 2017 untuk pelaksanaan wisuda bagi Program Sarjana Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) , Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Sekolah Farmasi (SF), dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH).

Wisudawan Program Sarjana dengan IPK tertinggi 3,99 kali ini diraih oleh Bagus Triyanto dari Sekolah Farmasi. Kemudian pada periode ini pula, terdapat 15 orang wisudawan asing yaitu Saki Yokohama dari Jepang, Ameet Kaur Jasvinder Singh dan Uvenaswary Narayasamy dari Malaysia, San Sophak, Sann Samnang dan Reaksa Khloeun dari Kamboja, Fareha Mohamed Akaf Abied dari Libya, Nguyen Truong Gia Tri dan Nguyen Hai Anh dari Vietnam, Makaireh Dampha dari Gambia, Elmukashfi dan Tareg Mahmoud Hassan Mohammed dari Sudan, Otaget Daniel, Opiyo Samuel, dan Mwebaza Ham dari Uganda.


Dalam Wisuda Ketiga ITB tahun akademik 2016/2017, Rektor ITB akan menyampaikan pidato dengan tema “Meneropong dan Menyiapkan Masa Depan”. Dalam sambutannya, Rektor ITB, Prof Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA juga menyampaikan pencapaian prestasi Institusi dosen dan mahasiswa baik di kancah nasional maupun internasional. Institut Teknologi Bandung menduduki peringkat ke-331 dunia atau sekitar 70 peringkat naik dari tahun sebelumnya berdasarkan perankingan lembaga survei internasional, QS World University Rankings (www.topuniversities.com). ITB juga dinyatakan sebagai perguruan tinggi yang paling banyak menghasilkan founder startup oleh Venturra Capital dan iPrice berdasarkan hasil riset yang dimulai bulan Juni 2017. Sejak april 2017 hingga Juli 2017, tercatat daftar prestasi civitas akademika ITB di tingkat Internasional dan Nasional. Terdapat 32 prestasi Internasional dari staf pengajar dan 29 prestasi mahasiswa, sementara di tingkat Nasional ada 17 prestasi staf pengajar dan 71 prestasi mahasiswa. Terdapat juga 14 kegiatan di Luar Negeri non kompetisi yang diikuti para mahasiswa. Yang terbaru adalah prestasi mahasiswa Geologi di ajang internasional yang diperoleh minggu lalu di Universitas Petronas, Malaysia dalam Geoscience Exhibition and Competition. Tim 6 orang ini meraih Juara 1 overall, Audience Award, dan Best Poster.


ITB akan terus berusaha memberikan pendidikan yang terbaik dan menyiapkan para mahasiswa untuk memiliki bekal yang cukup untuk beradaptasi, berkompetisi, bekerjasama dan terus berkembang di masa yang akan datang. Suasana akademik yang baik memerlukan dukungan berbagai pihak. Capaian prestasi staf pengajar dan mahasiswa di tingkat internasional maupun nasional merupakan sebagian dari proses untuk menyiapkan masa depan.



scan for download