ITB Tuan Rumah Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa 2017

Oleh Aldy Kurnia Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Program Kreativitas Mahasiswa 2017 yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mencapai tahap Monitoring dan Evaluasi (Monev). Kali ini, ITB menjadi tuan rumah pelaksanaan Monev bagi 119 tim PKM 2017 yang berasal dari 15 perguruan tinggi. Kegiatan Monev sendiri berlangsung pada Senin-Selasa (17-18/07/17) di Ruang Conference Gedung CRCS ITB.

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Jenis-jenis PKM

PKM sendiri terdiri atas lima jenis, yaitu PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Penelitian (PKM-P), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Tahapan PKM 5 bidang (PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-KC) dibagi menjadi lima kegiatan, yaitu pengusulan, deskevaluasi dan penetapan proposal yang didanai, pelaksanaan dan pelaporan, monitoring dan evaluasi, dan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Sedangkan untuk tahapan 2 PKM lainnya (PKM-AI dan PKM-GT) dibagi menjadi dua tahap, yaitu pengusulan dan deskevaluasi dan penetapan proposal yang mendapatkan insentif.

Tahapan Monev yang diselenggarakan di ITB dilakukan dengan tujuan untuk memonitor dan mengevaluasi perkembangan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta PKM setelah proposal PKM yang mereka ajukan dinyatakan lolos pada bulan Maret 2017. Selain itu, tahap Monev juga dilaksanakan untuk menyeleksi tim-tim PKM yang layak untuk mengikuti PIMNAS. Sebagai salah satu tuan rumah pelaksanaan Monev, ITB sendiri telah mengirimkan sedikitnya 83 tim dari total peserta Monev sebanyak 119 tim, sisanya dari beberapa PT lain.


Sumber foto : Dokumentasi Pribadi



scan for download