Berita / MoU

Bupati Rejang Lebong Mantapkan Niat untuk Majukan Pendidikan, Kesehatan, dan Pariwisata

Ahmad Fadil - Kamis, 22 Juni 2017, 02:05:24 - Diperbaharui : Rabu, 2 - Agustus - 2017, 02:06:51

BANDUNG, itb.ac.id – Percepatan Pembangunan tengah digalakan secara merata oleh Pemerintah ke daerah-daerah di Indonesia. Dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia ditargetkan untuk dapat maju secara bersama-sama. Rejang Lebong sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang sedang dalam tahap pembangunan juga tengah berupaya menerapkan pembangunan yang segea di daerahnya. Untuk itu, pada Selasa (22/06/17) Rejang Lebong menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan ITB mengenai kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bertempat di ruang RAPIM A, Gedung CCAR ITB, MoU tersebut ditandatangani oleh Bupati Rejang Lebong, Dr. H. Amad Hijazi, SH, M.Si dan Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi.

Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tengah berupaya mendorong berdirinya berbagai perguruan tinggi yang bergelut dalam bidang pariwisata, pendidikan, dan kesehatan di daerahnya sebagai fokus utama. Bukan tanpa alasan, bidang-bidang tersebut merupakan hal vital bagi pembangunan berkelanjutan di Rejang Lebong. Dengan potensi wisata yang tidak bisa dianggap remeh, Rejang Lebong tentu membutuhkan SDM yang mampu menjawab tantangan pengembangan pariwisata. Perguruan tinggi pendidikan akan mampu menopang kebutuhan akan kemajuan pendidikan di Rejang Lebong, sedangkan perguruan tinggi kesehatan diharapkan menjadi penyokong bagi peningkatan kesejahteraan SDM di Rejang Lebong. Semua hal ini akan lebih mudah dicapai bila tercipta kolaborasi yang matang antar banyak pihak, dan ITB sebagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia siap untuk membantu Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam mencapai kemajuan yang diharapkan.

Dalam sambutannya, Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi mengatakan bahwa hal-hal yang menjadi fokus Rejang Lebong merupakan unsur penting dalam Indeks Pembangunan Manusia yang meliputi pendidikan, kesehatan dan daya beli. ITB siap untuk membantu Kabupaten Rejang Lebong sebagai bagian dari perwujudan Tri-dharma pendidikan Indonesia.

Sekilas tentang Rejang Lebong

Rejang Lebong merupakan sebuah kabupaten yang di Provinsi Bengkulu. Secara sejarah, Rejang Lebong memberi sumbangsih besar bagi Indonesia, salah satunya dapat dilihat di Ibukota Jakarta hingga saat ini, tepatnya di puncak Monumen Nasional yang emasnya merupakan pemberian dari pengusaha asal Rejang Lebong. Tak heran karena Rejang Lebong merupakan salah satu daerah penghasil emas di samping hasil tambang lain seperti batubara, batu marmer, dan minyak. Sisi wisata juga dimiliki oleh Rejang Lebong, salah satunya yang paling dikenal adalah Air Terjun Batu Betiang. Potensi yang melimpah ini tentu akan sangat menguntungkan bila dapat digarap secara maksimal.