QS World University Ranking 2018, ITB Naik 70 Peringkat

Ahmad Fadil | Senin, 19 Juni 2017, 01:46:34 | Lihat foto berita ini | Diperbaharui : Minggu, 30 - Juli - 2017, 21:38:11

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, ITB sekali lagi telah membuktikan keunggulannya melalui apresiasi yang diberikan oleh lembaga survei internasional, yaitu QS World University Rankings (www.topuniversities.com). Hasil terbaru lembaga pemeringkatan ini menunjukkan peningkatan peringkat ITB dibanding tahun sebelumnya. Kali ini, ITB menempati posisi 331, atau naik sekitar 70 peringkat dari tahun sebelumnya pada peringkat 401-410. Kenaikan posisi ITB kali ini merupakan salah satu yang terbaik di antara perguruan tinggi lain di Indonesia. Adapun komponen yang dijadikan penilaian antara lain reputasi akademik, reputasi lulusan di dunia kerja, jumlah mahasiswa internasional, serta jumlah publikasi riset dan jurnal.

Menurut laporan dari QS, yang menjadi indikator terkuat ITB ada dalam aspek reputasi lulusan di dunia kerja dengan skor 56,1, diikuti dengan aspek reputasi akademik dengan skor 52,9. Pencapaian luar biasa dihadirkan ITB dalam pemeringkatan ini dengan kesuksesan mempertahankan peringkat 51-100 dalam bidang seni dan desain. untuk bidang teknik dan teknologi, ITB menempati posisi 215 dan posisi 251-300 dalam bidang studi bisnis dan manajemen. Dalam hal kualitas lulusan dalam lapangan pekerjaan, ITB juga menghadirkan hasil baik dengan menempati posisi 201 dunia. Hal ini membuktikan bahwa ITB berhasil melahirkan alumni yang berkualitas serta unggul di bidangnya masing-masing. Tentunya, capaian prestasi ini tidak semerta-merta diraih tanpa kerja keras seluruh civitas akademika ITB dalam melaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk para dosen dan mahasiswa yang turut mengharumkan nama ITB melalui peraihan prestasi baik di ajang nasional maupun internasional.

Pemeringkatan ini akan semakin memacu ITB untuk menunjukkan kualitasnya kepada masyarakat luas. Dengan visi sebagai Entrepreneurial University, ITB berupaya memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat. Peningkatan dalam berbagai aspek akan terus ditingkatkan dengan beragam riset, inovasi serta kolaborasi yang akan terus dihadirkan oleh ITB untuk terus menjadi yang terbaik di Indonesia.