MoU antara ITB dengan Universitas Islam Balitar untuk Percepatan Pengembangan Pendidikan

Fivien Nur Savitri, ST, MT - Jumat, 26 Mei 2017, 09:36:51 Lihat foto berita ini

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan, ITB menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Pada Senin (15/05/17), ITB melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Balitar. Penandatanganan MoU ini dilakukan di ruang RAPIM A, gedung CCAR Rektorat ITB. Hadir dalam acara ini Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA selaku Rektor ITB serta Dr. Hadi Siswanto, M.M selaku Rektor Universitas Islam Balitar (Unisba). MoU kali ini membahas mengenai kerjasama dalam penelitian, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan kampus entrepreneurial.

Setelah penandatanganan MoU oleh kedua belah pihak, acara dilanjutkan dengan samutan dari masing-masing rektor. Rektor Unisba, Dr. Hadi Siswanto, MM mengatakan bahwa saat ini Unisba bercita-cita menyejahterakan Kabupaten Blitar seperti keinginan ITB untuk memajukan Jawa Barat. Untuk melakukan itu, mulai November 2016 Unisba telah mulai melakukan transformasi total. Pengembangan-pengembangan keilmuan di Unisba juga akan diperbarui dan Unisba bertekad menjadi kampus unggul berskala Internasional. Unisba berharap tindak lanjut dari MoU ini dapat memberikan efek yang baik untuk Unisba.

Pada sambutan kedua, rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyebut ITB dan Unisba memiliki tujuan yang sama untuk menuju Entrepreneurial University. Untuk hal ini, menurut beliau, terdapat tiga indikator utama Entrepreneurial University, yaitu excellence in teaching and learning, excellence in research, dan excellence in innovation and entrepreneurship. Excellence in teaching and learning diwujudkan ITB dengan akreditasi yang tidak hanya dari BANPT tapi juga dari badan akreditasi internasional. Untuk excellence in research, para dosen dan peneliti diharapkan dapat menghasilkan penelitian-penelitian yang membanggakan. Untuk excellence in innovation and entrepreneurship, penelitian yang dihasilkan diharapkan dapat diimplementasikan dalam industri dan memberi manfaat pada masyarakat. Dengan kesamaan tujuan antara Unisba dan ITB ini, kedua belah pihak diharapkan dapat saling mengisi untuk maju bersama.

Reporter: Ahmad Fadhil