Jalin Kerjasama Internasional, ITB Dorong Karya Kreatif Fashion melalui YCIFI 2017

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

networking

BANDUNG, itb.ac.id - Memasuki tengah tahun 2017, ITB kembali menjadi tuan rumah bagi acara Global Fashion Mentorship. Acara yang diselenggarakan selama dua hari (20-21/05/17) di Galeri Soemardja ini merupakan puncak dari program mentorship oleh Young Creator Indonesia Fashion Institute (YCIFI). YCIFI sendiri merupakan wadah pelatihan dan pendidikan fashion di bawah naungan Program Studi Kriya ITB yang bekerjasama dengan Korea Foundation for International Cultural Exchange (Kofice). Tak semata tentang fashion, ragam aspek pendukung seperti bisnis, pemasaran, dan pun menjadi fokus pembelajaran yang diberikan pada peserta di program mentorship YCIFI.

Mengundang desainer ternama dalam dan luar negeri seperti Tuty Cholid, Hyejin Hong, dan Munsoo Kwon, acara ini menjadi wahana interaksi para desainer muda Indonesia dengan desainer-desainer senior. Siswa dan alumni YCIFI, yang berasal dari beragam universitas dan instansi di Indonesia, diberikan kesempatan khusus untuk berkonsultasi langsung dengan para profesional di bidangnya. Melalui interaksi ini, selain transfer ilmu, para siswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti proses kurasi oleh merchandisers dan pembeli nasional dan internasional. Peluang emas ini akan membuka jalur terutama untuk karir dalam bidang fashion bagi para siswa dan alumni YCIFI, yang secara tidak langsung juga dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia.

Selama keberjalanannya di dua hari tersebut, Global Fashion Mentorship secara garis besar diisi dengan presentasi dari para desainer mentor di pagi harinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi konsultasi. Acara ini juga terbuka untuk umum dan pengunjung luar yang hadir dapat melihat karya-karya siswa YCIFI angkatan sebelumnya yang dipajang. Harapan untuk penyelenggaraan YCIFI dan Global Fashion Mentorship kedepannya adalah karya yang dihasilkan mampu mendobrak pasar internasional sekaligus keberlangsungan program secara independen dapat diwujudkan.


scan for download