Konser Luminous PSM-ITB: Pancarkan Sinar Talenta dan Usaha dengan Suara

Oleh Gracia Isaura Raulina

Editor -

Luminous

BANDUNG, itb.ac.id – Dalam rangka membina baik anggota baru maupun anggota lama, Paduan Suara Mahasiswa ITB (PSM-ITB) mengadakan konser pembinaan bertajuk yang diadakan pada Minggu (30/04/17). Bertempat di Aula Barat ITB, PSM-ITB membawakan lagu-lagu yang berasal dari berbagai negara di benua Eropa dan Amerika. Dalam konser ini, PSM-ITB berhasil memukau lebih dari 700 penonton yang berasal dari dalam dan luar ITB.

Berbeda dengan konser pembinaan di tahun-tahun sebelumnya, kali ini PSM-ITB menggelar konser di dua kota, yakni Jakarta dan Bandung, dengan tujuan untuk memperkenalkan PSM-ITB dan komunitas paduan suara pada umumnya ke khalayak lebih luas. Pada gelaran di Jakarta, konser Luminous ini digelar di Auditorium Graha Swara Universitas Tarumanegara pada Minggu (23/04/17). Dalam konser tersebut, PSM-ITB juga berhasil menghibur lebih dari 200 penonton.


Konser di Bandung ini dibuka dengan kata sambutan dari Kevin Nataniel (Teknik Kelautan 2014) selaku ketua PSM-ITB dan Dr. Sony Suhandono, M.Sc. selaku ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB (LK ITB). Acara kemudian dilanjutkan ke dalam dua sesi dengan tema berbeda sesuai dengan negara asal lagu-lagu yang dinyanyikan. Pada sesi pertama, yakni European Choral Works, PSM-ITB menampilkan lagu-lagu daerah dari berbagai negara di Eropa seperti Dindaru Dandaru dari Latvia, Die Harmonie in der Ehe dari Jerman, serta lagu-lagu aransemen komposer ternama Eropa seperti Josu Elberdin dan Eriks Esenvalds. Sementara itu, pada sesi kedua yang bertajuk American Choral Works, PSM-ITB menampilkan lagu daerah dari Amerika seperti Maximina hingga lagu-lagu jazz yang lebih modern seperti Birdland. Atas antusiasme dari penonton yang hadir pada konser tersebut, PSM-ITB mempersembahkan sebuah lagu tambahan sebagai penutup yakni Uptown Funk yang dipopulerkan oleh Bruno Mars.


Teresa Avilla (Farmasi Klinik dan Komunitas 2015) selaku ketua konser ini menjelaskan bahwa nama Luminous yang berarti bersinar dipilih untuk mencerminkan harapan PSM-ITB agar talenta dan usaha yang dicurahkan oleh setiap anggota PSM-ITB dapat bersinar melalui persembahan lagu-lagu pada konser tersebut. Bagi terlaksananya konser ini, anggota-anggota PSM-ITB perlu memberikan tenaga dan waktunya selama kurang lebih empat bulan yang diisi oleh latihan serta berbagai kegiatan teknis untuk mempersiapkan konser tersebut. Walaupun persiapan tersebut tidak mudah, usaha yang dilakukan dapat berbuah manis dengan habisnya tiket penjualan konser di Bandung yang menunjukkan antusiasme dari masyarakat terhadap konser Luminous ini.


scan for download