Berita / Utama

Dorong Perkembangan Tenis Indonesia, ITB Selenggarakan Ganesha Cup 2017

Irfaan Taufiiqul Rayadi - Jumat, 21 April 2017, 16:31:59 - Diperbaharui : Rabu, 10 - Mei - 2017, 05:42:58

BANDUNG, itb.ac.id – Dunia tenis Indonesia akan diramaikan kembali dengan hadirnya kompetisi berskala nasional dalam negeri. Persatuan Tenis Ganesha Ikatan Alumni (PTG IA) ITB menyelenggarakan turnamen bertajuk “Ganesha ITB Cup 2017” yang secara resmi dibuka pada Kamis (20/04/17) malam di Aula Timur ITB. Acara pembukaan turnamen tersebut dihadiri oleh Dr. Yunyun Yudiana selaku Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat.

Turnamen yang diikuti 104 pemain dari 24 perguruan tinggi se-Indonesia ini rencananya akan diselenggarakan dari Jumat-Minggu (21-23/04/17) di Lapangan Tenis Gor Siliwangi Bandung. Menariknya, turnamen ini akan menyajikan lima kategori perlombaan, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran, sehingga memberi banyak pilihan untuk peserta.

Suguhan pertandingan menarik nampaknya akan tersaji pada kompetisi kali ini. Pasalnya, terdapat beberapa rentetan nama pemain tenis tingkat nasional yang meramaikan kompetisi ini. Sebut saja, Voni Darlina. Voni akan mewakili Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada kompetisi ini. Ditambah lagi Tio Juliandi Hutahuruk, perwakilan Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), akan unjuk gigi pada turnamen ini. Kondisi turnamen seperti ini diharapkan dapat memacu para atlet muda sehingga muncul bakat-bakat gemilang untuk memajukan dunia tenis Indonesia. “Semoga melalui turnamen ini, muncul atlet baru yang memberi penyegaran untuk tenis Indonesia,” tutur Yunyun.

Persatuan Lawn Tennis Indonesia (PELTI) sebagai organisasi profesional tenis Indonesia mengakui turnamen ini pun sekaligus menjadi ajang untuk melirik dan menggaet atlet-atlet potensial yang kelak berpartisipasi. Maka dari itu, untuk menarik minat dan meningkatkan semangat juang para peserta, pihak panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp42.500.000,00 untuk para juara.

Selain turnamen antar mahasiswa ini, panitia berencana mengusung turnamen tenis untuk alumni ITB yang bertajuk “Piala Ketua Umum Ikatan Alumni ITB”. Turnamen tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi bagi para alumni ITB. Tak hanya itu, melalui kedua turnamen ini, ITB berharap dunia tenis Indonesia semakin maju ke depannya.


Rifqi Aufa (Teknik Kimia 2014)
ITB Journalist Apprentice 2017
Sumber gambar : dokumentasi panitia