Berita / Penelitian

Dosen ITB Ikuti Pameran American Association Petroleum Geologist di Houston, Amerika Serikat

Mega Liani Putri - Rabu, 12 April 2017, 05:47:57

BANDUNG, itb.ac.id – Kiprah sebagai dosen tidak hanya ditunjukkan dalam proses belajar-mengajar di kelas, tetapi juga dalam hal penelitian. Sebagaimana yang tertuang di Tri Dharma Perguruan Tinggi, penelitian menjadi salah satu aktivitas utama dosen ITB. Pekan lalu, bertempat di Houston, Amerika Serikat, 5 dosen ITB mempresentasikan kepada publik internasional mengenai hasil penelitian mereka berkaitan dengan bidang geologi struktur. Pameran yang diikuti diadakan oleh American Association Petroleum Geologist (AAPG) dalam rangka memperingati hari jadi mereka yang ke-100 tahun. AAPG sendiri adalah organisasi besar internasional yang mewadahi para geologis baik akademisi dan professional serta perusahaan yang bergerak di bidang industri Migas.

Ir. Benyamin Sapiie, Ph.D. sebagai peneliti utama mengungkapkan bahwa kegiatan tim ITB selama di rangkaian acara tersebut adalah memamerkan hasil riset yang telah dan sedang di lakukan di laboratorium Geologi Dinamik (Geodynamics Research Group) serta memperkenalkan program pascasarjana Teknik Geologi ITB. “Kita mempresentasikan 3 poster hasil penelitian dalam AAPG Poster Presentation. Booth kami mendapatkan kehormatan dengan dikunjungi oleh President AAPG (Paul Britt) pada pembukaan pameran,” ungkapnya.

Selain Ir. Benyamin Sapiie, Ph.D., dosen ITB yang turut serta dalam pameran tersebut adalah Dr. Ir. Agus Handoyo Harsolumakso (Manager Lab. Geologi Dinamik), Dr. Ir. Chalid Idham Abdullah (Anggota), Dr. Indra Gunawan, ST., MSc. (Anggota), dan Dr. Alfend Rudyawan, ST., MSc. (Anggota). Harapan tim atas keikutsertaan mereka dalam pameran tersebut adalah agar dapat menarik mitra-mitra riset internasional dan juga memperkenalkan geologi Indonesia di dunia migas internasional. Oleh karena itu, tim berusaha mempromosikan penelitian-penelitian oleh Geodynamics Research Group di selruh Indonesia yang berkaitan erat dengan industri migas. Di antaranya adalah inovasi teknologi untuk kegiatan eksplorasi dan eksploitasi dalam industri migas di berbagai pelosok Indonesia.

“Riset yang kami lakukan berkaitan erat dengan keahlian kami di bidang geologi struktur berupa inovasi teknologi (Sandbox Modelling dan 3D Digital Outcrop Modelling menggunakan UAV/Drone) yang berkaitan dengan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi dalam industri Migas di seluruh Indonesia. Riset-riset yang kami lakukan direkomendasikan oleh Dirjen Migas dan SKK Migas,” jelas Ir. Benyamin Sapiie, Ph.D.

Tim ITB pun tidak serta-merta mengikuti pameran tersebut. Proses yang telah dilewati agar dapat berpatisipasi pada acara ini tidak lepas dari perjalanan panjang yang telah t mlakukan dalam penelitian geologi yang telah dirintis cukup lama sejak tahun 2000 (terbentuknya Geodynamics Research Group) yang berada dibawah Laboratorium Geologi Dinamik ITB. Selama di Houston, tim mendapatkan pengalaman yang teramat berkesan karena kunjungan President AAPG yang tertarik oleh hasil penelitian kita dan keberagaman budaya Indonesia. Selain itu, booth tim ITB dikunjungi banyak orang yang tertarik tidak hanya oleh penelitian kami secara khusus tetapi juga tertarik mengenai Indonesia secara umum.

Dokumentasi oleh narasumber