Tumbuhkan Jiwa Kemanusiaan, Mahasiswa ITB Adakan Donor Darah 4 Labtek

Oleh Irfaan Taufiiqul Rayadi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa ITB kembali mengadakan aksi kemanusiaan berupa kegiatan donor darah. Donor darah kali ini merupakan hasil kolaborasi dari empat himpunan dan satu unit kegiatan mahasiswa. Kerjasama tersebut terjalin antara Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF), Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT), Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF), dan Korps Sukarelawan (KSR) ITB. Kegiatan donor darah yang bertemakan “Share Your Blood, Share Your Care” ini diadakan di Selasar Labtek V ITB, Senin hingga Rabu (03-05/04/17). Ratusan orang rela mengantri dari jam 10.00-15.00 untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pada Donor Darah 4 Labtek kali ini, HMIF mendapat giliran untuk menjadi penanggung jawab acara. “Program ini merupakan program bersama antara empat himpunan untuk menjaga silahturahmi dan kami melihat bahwa banyak potensi pendonor di ITB,” ujar Devita (Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat HMIF). Devita juga memaparkan bahwa aksi ini biasanya dilakukan dua atau tiga kali dalam setahun. Tiga Palang Merah Indonesia (PMI), meliputi PMI Banjar, PMI Tasikmalaya, dan PMI Sumedang terlibat dalam acara ini.

Sukma Wening N (Sistem dan Teknologi Informasi 2015) yang ditunjuk sebagai ketua panitia acara donor darah ini mengungkapkan, selama persiapan acara tentu saja panitia mengalami beberapa kendala. Namun, ia merasa senang karena kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu, apalagi pendonor yang datang melebihi target. Pada Senin pukul 12 siang, kantong darah yang terkumpul sudah mencapai 105 buah, melebihi target awal sejumlah 100 kantong darah per hari. Menurut Sukma, dengan adanya kerjasama, hubungan antar organisasi dapat terjalin lebih baik lagi. Selain itu, acara ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang dari jurusan lain.

Brigitha Amelinda Deviana (Teknik Perminyakan 2014)
ITB Journalist Apprentice 2017
Sumber gambar: Dokumentasi pribadi


scan for download