ITB Career Center Selenggarakan ITB Integrated Career Days 2017

By Gilang Audi Pahlevi

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Relasi yang kuat antara masyarakat industri dan masyarakat akademik tentu harus dijaga. Pasalnya, lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi penggerak dalam dunia kerja di berbagai sektor dan dunia kerja diharapkan dapat terus memberikan informasi terkini terkait dinamisasi yang terjadi di sektor terkait. Atas dasar tersebut, ITB Career Center, yang berada di bawah naungan Lembaga Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (LK ITB), kembali mengadakan ITB Integrated Career Days di tahun 2017 ini. Bertempat di Aula Barat dan Aula Timur, ITB Integrated Career Days akan berlangsung pada Jum’at hingga Minggu (07-09/04/2017). Dengan 36 perusahaan yang ikut serta dalam acara ini, terdapat sekitar 2000 lowongan untuk para applicant yang datang.


Melalui acara yang berlangsung selama 3 hari ini, perusahaan yang ikut serta akan melakukan promosi, presentasi, pameran hingga tes perekrutan. Melalui kegiatan tersebut, perusahaan terkait dapat memberikan informasi sebanyak-banyak mengenai profil perusahaan, jalur karir, hingga kultur kerja perusahaan tersebut. Terkait tes perekrutan, ITB Career Center menyediakan tempat khusus di Gedung Kuliah Umum Timur (GKU Timur) bagi perusahaan untuk melakukan tes tertulis maupun interview.

Selain itu, dalam acara ini, ITB Career Center juga menyediakan layanan konseling karir untuk membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Pengunjung dapat berkonsultasi mengenai karir dengan tim psikolog dari ITB Career Center. Pada ITB Integrated Days 2017 ini, terdapat 36 perusahaan nasional maupun multinasional yang bergerak di bidang teknik, sains, sosial, ekonomi hingga seni dan humaniora. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam ITB Integrated Days 2017 antara lain adalah PT. PLN (Persero), PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., PT. Global Digital Niaga, PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT Paragon Technology and Innovation, Xtremax Teknologi Indonesia, PT. Indoporlen (Calderys Indonesia), PT. Gameloft Indonesia, Samsung R&D Indonesia, PT. Elnusa Petrofin, Astra International, Tbk., PT. Antam (Persero), PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk., dan Uber Indonesia.

Berbeda dengan penyelenggaraan ITB Integrated Career Days April 2016 lalu, acara kali ini tidak menghadirkan pameran kewirausahaan mahasiswa penerima Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ITB. Untuk tahun 2017 ini, pameran tersebut akan dilaksanakan pada ITB Integrated Career Days Oktober 2017 mendatang.

ITB Integrated Career Days tidak diselenggarakan hanya bagi mahasiswa dan alumni ITB, tapi juga bagi lulusan perguruan tinggi di luar ITB. Anggota ITB Career Center mendapatkan fasilitas tanda masuk gratis ke acara ini. Jika bukan anggota, pengunjung dapat membeli tiket masuk seharga Rp 30.000,00.