Berita / Utama

Progresi Harmoni Setengah Abad Festival Paduan Suara ITB

Okta Indah Sulistyorini - Selasa, 4 April 2017, 05:55:44 - Diperbaharui : Senin, 15 - Mei - 2017, 08:14:55

BANDUNG, itb.ac.id – Paduan suara telah menjadi bentuk seni yang begitu familiar, terutama bagi masyarakat Indonesia. Seni paduan suara umumnya sudah diperkenalkan pada jenjang pendidikan dasar, hingga perguruan tinggi. Tidak dapat dipungkiri, prestasi Indonesia pada bidang paduan suara telah mengantarkan nama bangsa pada kancah internasional. Salah satu diantaranya berasal dari kampus ITB, ketika Paduan Suara Mahasiswa ITB (PSM ITB) berhasil membawa pulang 2 medali emas serta 5 penghargaan khusus pada 5th Florence International Choir Festival di Florence, Italia.

Alunan Karya Setengah Abad
Memenuhi kebutuhan untuk mempersiapkan tim-tim paduan suara nasional untuk dapat unjuk gigi pada skala internasional, PSM ITB kembali menggelar Festival Paduan Suara (FPS) ITB. Festival dua tahunan yang akan kembali digelar untuk ke-25 kalinya pada 15-20 September 2017 ini mengusung tema “Menyongsong Setengah Abad Kiprah FPS dalam Membangun Dunia Paduan Suara Indonesia.”
Pada FPS ITB ke-25 ini dibuka sebanyak 7 kategori yaitu: Paduan Suara tingkat SD, SMP, SMA, Paduan Suara Campuran Dewasa, Paduan Suara Lagu Rakyat Indonesia, Paduan Suara Sejenis Dewasa, dan satu kategori baru yaitu Paduan Suara Musik Pop dan Jazz. Sebuah upgrade dari PSM ITB mengingat perkembangan selera masyarakat yang juga berkembang kearah musik populer. Tak lupa sederet nama musisi profesional seperti Dorcas Soenarjo, Daud Kosasih, dan Budi Susanto Yohanes turut mendukung festival ini sebagai dewan direktur artistik.

FPS Sebagai Pionir 
Menjadi pionir dalam mewadahi kompetisi di bidang paduan suara, Festival Paduan Suara (FPS) ITB pertama kali diadakan di tahun 1968. Sebagai langkah inisiasi, FPS membuka kompetisi paduan suara untuk siswa-siswi SLTP dan SLTA di bandung saja. Sambutan berupa animo yang positif menjadikan agenda FPS secara rutin diadakan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun 1970, FPS membuka kompetisi hingga kategori umum. FPS telah berhasil memenuhi kebutuhan dan perkembangan dunia paduan suara, hal ini dibuktikan dengan dibukanya kategori anak pada tahun 1994 dan kategori wanita dan pria pada tahun 2000. Menapaki jenjang yang lebih tinggi, pada 2002 FPS ITB menjadi festival paduan suara berskala nasional pertama di Indonesia. 

Pada 2010, FPS menggelar ITB Interational Choir Competition (IICC), sebuah kompetisi paduan suara berskala internasional di tahun 2015, turut hadir kelompok music acapella dari Belanda pada sesi yang bertajuk The Junction Concert.

FPS ITB ke-25
Selain festival paduan suara, FPS ITB juga turut menghadirkan kegiatan workshop dengan pemateri profesional. Dengan adanya choral workshop ini, diharapkan para pelatih maupun penyanyi pada paduan suara dapat meningkatkan kemampuan musikalitasnya.
Untuk berpartisipasi dalam Festival Paduan Suara ITB 2017 ini, tim choir hanya perlu mendaftar ke halaman web fps.psm-itb.com. Setelah masa pendaftaran ditutup, seleksi akan dilakukan untuk menentukan tim paduan suara yang lolos ke tahap berikurnya. Masa pendaftaran dibuka sampai tanggal 30 April 2017.

Dokumentasi PSM ITB.